EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Kendala Bisnis Online Produk Fisik di Indonesia

Pebisnis online di Indonesia baik pemula maupun non pemula sudah banyak yang mencoba berbisnis dengan produk fisik, mulai dari produk makanan, pakaian, obat tradisional, kendaraan, mesin-mesin, dan sebagainya, yang pengirimannya menggunakan jasa pengiriman barang.

Sebelumnya para pebisnis online kebanyakan berbisnis online produk digital seperti ebook, video training, dll, yang pengirimannya cukup menggunakan email. Tapi untuk bisnis online affiliate dan PPC masih tetap menjadi primadona pebisnis online sebab bisnis online model PPC dan ikut affiliate tidak memerlukan jasa pengiriman, sebab jenis yang ini adalah modelnya bekerja atau kerjasama dengan pemilik bisnis.

Pasar bisnis di Indonesia sebenarnya sangat luas dengan jumlah penduduk yang ratusan juta orang, tetapi untuk menjalankan bisnis online produk fisik seperti jualan baju online, jualan sepatu online, jualan makanan online dll. di negeri kita ini masih banyak kendala. Kendala tersebut diantaranya adalah sbb :

  1. Masyarakat  pedesaan yang jumlahnya mayoritas di negeri ini masih sangat tipis kemungkinannya untuk mau mengenal belanja online menggunakan internet, walaupun sekarang internet sudah dapat diakses di pedesaan, masalah utamanya adalah tingkat pendidikan dan tingkat sosial ekonomi.
  2. Masyarakat perkotaan yang jumlahnya minoritas dan sudah cukup banyak memiliki jumlah pengguna internet, tetapi masih sangat minim yang tertarik untuk melakukan belanja online. Mereka lebih suka shoping ketimbang belanja dengan cara online, sangat lain halnya dengan di negara maju.
  3. Kepercayaan terhadap belanja online masih rendah.

Jadi oleh karena itu untuk merintis bisnis online produk fisik tampaknya masih perlu kesabaran menanti mereka sampai mengenal dengan baik sistem belanja online. Jadi saat ini internet baru efektif untuk promosi produk fisik, bukan untuk jualan langsung online. Belanjanya tetap konvensional, tetapi promosinya secara online. Barangkali hanya barang-barang tertentu yang jelas dan pasti spesifikasinya yang barangkali dapat diterima oleh masyarakat konsumen tertentu.

Updated: 09/09/2012 — 11:29 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme