EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Kesehatan adalah di atas segalanya

Kesehatan adalah di atas segalanya – Kesehatan merupakan nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa kepada umatnya dan memiliki nilai tak terhingga yang tidak bisa diukur dengan materi. Begitu besar dan begitu tak ternilai dari sebuah kesehatan, maka oleh sebab itu nikmat kesehatan menempati urutan ke-dua setelah nikmat Iman bila dilihat dari pandangan agama Islam. Dalam setiap ceramah siraman rohani yang disampaikan oleh para penceramah, Kyai, Ustadz, atau lainnya, maka kata-kata Nikmat Iman selalu diikuti oleh Nikmat Kesehatan yang diberikan Allah SWT.

Tapi kadang-kadang kita sebagai manusia yang selalu tidak luput dari kesalahan dan kehilafan, dimana kita melupakan dan melalaikannya akan nikmat kesehatan yang memiliki nilai tak tergingga tersebut. Kebanyakan orang terkadang baru menyadari betapa tak ternilainya dari sebuah nilai kesehatan manakala sedang dirawat di sebuah rumah sakit akibat menderita sebuah penyakit kronis, terlebih setelah divonis harus menjalani operasi yang biayanya mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah, atau malah divonis sudah tidak ada cara medis lain untuk menolong sebuah penderitaan akibat penyakit tertentu.

Sebenarnya banyak diantara kita yang melalaikan akan sebuah nikmat kesehatan yang padahal kita harus bersyukur kepada Yang Maha Pencipta atas pemberian nikmat kesehatan tersebut. Mensyukuri nikmat kesehatan selain berdo’a dan mengadakan kontak langsung dengan Sang Kholiq, juga kita diwajibkan memelihara kesehatan dan kebersihan tubuh sebagai bentuk nyata dari mensyukuri nikmat kesehatan.

Bentuk nyata yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-harai dalam rangka mensyukuri nikmat kesehatan adalah, yang pertama memulainya dari diri kita sendiri dan keluarga. Membangun sebuah keluarga yang sehat, lingkungan yang sehat dan bersih, merupakan bentuk nyata bahwa kita telah mensyukuri nikmat kesehatan. Dengan lingkungan rumah yang bersih dan sehat akan memberikan efek yang sangat besar terhadap kesehatan sebuah lingkungan keluarga.

Bukan hanya itu, tetapi masih ada yang lainnya dan perlu kita bangun sejak dini, yaitu menciptakan keseimbangan hubungan antar anggota keluarga yang harmonis, dinamis, saling cinta mencintai, sayang menyayangi, saling pengertian, dan sebagainya itu merupakan faktor yang sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Sebab sudah banyak fakta yang membuktikan bahwa ketidak harmonisan dalam keluarga akan mengakibatkan berbagai macam penyakit, bahkan sampai kematian. Sebagai contoh, seorang suami meninggalkan keluarga, anak dan isteri hanya karena tergoda oleh hal-hal yang baru dan besifat sementara, tetapi mengakibatkan anak istri terlantar dan jatuh sakit.

Memelihara dan menjaga kesehatan dari sisi makanan dengan cara menghindari mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang berpeluang dapat menimbulkan penyakit  penting sekali dilakuka dalam kehidupan sebuah keluarga. Sebab sudah tidak dapat disangkal lagi apabila kita sembarangan mengkonsumsi makanan maka akan berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan.

Kebiasaan anak mengkonsunsi makanan jajanan yang tidak dijamin kesehatannya harus mendapat perhatian serius kedua orang tuanya, seperti makanan jajanan di sekolah, di warung dan sebagainya. Sebagai mana kita tahu dalam berita-berita berbagai media tentang bahaya mengkonsumsi makanan dan minuman jajanan tertentu akan berpeluang menimbulkan berbagai penyakit dalam jangka waktu pendek atau jangka waktu tertentu.

Selanjutnya hal lain yang perlu kita lakukan dalam hal menjaga kesehatan dari sisi makanan adalah mengkonsumsi makanan yang bagus untuk dikonsumsi keluarga, yaitu makanan-makanan yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti bahan pengawet dsb. Sayur-mayur yang kita beli di warung, juga sebenarnya tidak dijamin bebas racun, diantaranya bahan insektisida dan pupuk kimia. Menanam sendiri sayur-mayur di halaman rumah atau kebun sendiri dengan mengunakan pupuk organik dan insektisida organik merupakan solusi terbaik bagi yang memiliki lahan untuk melakukannya.

Sebagai tambahan untuk menjaga dan merawat kesehatan adalah dengan mengkonsumsi suplemen seperti madu lebah alami, jamur, dan daun-daunan tanaman obat yang memiliki khasiat dan fungsi untuk membuang racun dalam tubuh dan melancarkan peredaran darah. Sebab apabila di dalam tubuh kita tidak ada racun, dan peredaran darah lancar, maka kita akan selalu sehat. Dengan lancarnya peredaran darah ke seluruh tubuh, maka suplay zat makanan akan sampai pada tujuan yaiitu seluruh organ tubuh mulai yangterbesar sampai terkecil.

Sebenarnya masih banyak cara-cara lain dalam memelihara kesehatan seperti, pola makan yang teratur, olah raga sesuai kemampuan, dll., dalam rangka melaksanakan bentuk mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Semoga tulisan ini bermanfaat dan apa yang kita lakukan senantiasa mendapat Ridha Allah SWT. Amiin!

Updated: 22/12/2014 — 1:05 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme