EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Lowongan Kerja

Angka Pengangguran semakin Meningkat, Lowongan Kerja dan Kesempatan Kerja semakin Sempit


Tidak seimbangnya jumlah lulusan dengan lapangan kerja yang tersedia mengakibatkan terus meningkatnya angka pengangguran di negeri ini.  Dengan demikian lowongan kerja yang ada tidak mampu menampung para pencari kerja. Berdasarkan informasi data statistik, pada tahun 2009 sekitar hampir 10 juta orang angkatan kerja yang belum mendapat pekerjaan.  Sungguh merupakan angka yang memerlukan perhatian khusus untuk mencarikan solusinya.

Walaupun upaya pemerintah terus dilakukan setiap tahunnya melalui berbagai upaya dan kebijakan, tapi entah sampai kapan permasalahan ini tuntas. Peningkatan jumlah pengangguran dari tahun-ketahun membuat semakin menyempitnya lowongan dan peluang kerja. Lowongan kerja yang tersedia di berbagai perusahaan dan instansi pemerintah hanya mampu menyerap sedikit sekali tenaga kerja, sehingga saldo lulusan terus menambah list daftar pengangguran.

Keadaan tersebut menyebabkan persaingan rekruitmen tenaga kerja semakin ketat dan selektif, sehingga hanya para lulusan yang genius dan berkualitas sajalah yang cenderung memperoleh kesempatan kerja berposisi baik pada perusahaan dan instansi pemerintah. Sedangkan para lulusan yang kualitas akademisnya pas-pasan mau tidak mau harus menerima pekerjaan yang kadang-kadang tidak sesuai bidangnya, serta gaji yang rendah.  Yang paling tidak beruntung  adalah mereka yang sama sekali tidak memperoleh kesempatan kerja disebabkan tidak bisa melamar kerja karena tidak memenuhi persyaratan akademis (IPK minim, umur yang sudah kadaluarsa, dll.), atau  mereka tidak mampu bersaing dalam ujian seleksi. yang semakin ketat . Seperti itulah gambaran permasalahan tenaga kerja sampai saat ini.

Lantas apa yang harus dilakukan oleh saudara-saudara kita yang belum memperoleh kesempatan kerja?  Apakah harus tetap menunggu ? Apakah bekerja pada suatu instansi atau perusahaan merupakan satu-satunya pilihan ? Bukankah waktu kuliah telah diajarkan untuk belajar usaha mandiri atau wira swasta, kenapa tidak dicoba ? Apakah  malu jika melakukan usaha/kegiatan bukan bidangnya?  Semua itu kembali pada masing masing individu. Hanya mereka yang memiliki wawasan pemikiran luas serta kreatif-lah yang akan mampu keluar serta menemukan solusi dari kemelut tersebut.

Bekerja pada perusahaan dan instansi pemerintah favorit dengan gaji tinggi, merupakan kebanggaan tersendiri dan merupakan idaman setiap orang dan meningkatkan harga diri dan prestise seseorang. Tapi, mau dibilang apa jika kesempatan tersebut tidak kunjung tiba! Walaupun pada awalnya tujuan mendapat tempat kerja yang baik untuk  mencari prestise, tetapi ujung-ujugnya sebenarnya mencari uang.

Kalau keadaan sudah mepet, buanglah angan-angan yang sulit dijangkau, bukalah fikiran selebar-lebarnya.. masih banyak jalan menuju Rhoma. Carilah jalan sendiri dengan bekal pendidikan dan pengetahuan yang anda miliki, atau beralihlah ke profesi lain yang memungkinkan dan sedang favorit saat ini, carilah pelatihan keterampilan yang singkat. Bangkitlah dari mimpi..dan segera action, sebab bekerja pada orang lain bukanlah satu-satunya jalan untuk mendapat penghasilan. Memiliki usaha sendiri akan jauh lebih baik  dan terhormat dari pada bekerja pada orang lain yang selalu diperintah dan dibebani target oleh si Boss.  Memiliki usaha sendiri  bukan lagi mencari kerja, melainkan menciptakan lapangan kerja.

Sebagai motivasi untuk anda, saya sebagai orang tua yang masih memiliki kemauan seperti anda. Ada pengalaman unik saya,  yang mudah-mudahan dapat menumbuhkan motivasi bagi anda untuk membuka diri, membuka mata hati, bahwa di dalam diri kita sebenarnya ada suatu energi dan kekuatan yang luar biasa jika sudah dinyalakan, energi tersebut akan mampu mendorong untuk melakukan sesuatu yang kita inginkan, dan hanya diri kita sendiri yang bisa menyalakan serta mengendalikannya, bukan orang lain.

Saya punya pengalaman, sejak mengikuti pelatihan internet marketing di Asian Brain, saya  selalu aktif mengikuti pertemuan rutin bulanan bersama teman-teman murid Asian Brain untuk Jabotabek di Jakarta. Sejak itu, mata hati saya terbuka lebar untuk melihat dunia internet marketing. Setelah mengetahui lebih jauh rahasia internet marketing, ternyata di dunia internet ada banyak peluang untuk mendapatkan sesuatu yang mampu mewujudkan impian kita.  Anne Ahira, guru saya pernah mengatakan Fakta : “ada banyak peluang usaha, peluang bisnis di internet, tapi sayang belum begitu banyak orang yang mengetahui caranya”.

Disela-sela pertemuan saya bertemu dengan 2 anak muda belia yang sudah lama bergabung dengan Asian Brain. Mereka adalah Adryan Fitra dan Nanang Kristanto. Kedua anak muda belia tersebut masing-masing telah sukses menjalankan bisnis online dengan omset ratusan juta rupiah per bulan. Mereka telah sukses mengukir dirinya  menjadi jutawan internet dengan cara bekerja mandiri tapi tidak bekerja sendiri. Mereka memiliki karyawan untuk  melakukan kegiatan full time internet marketing. Apakah anda tidak ingin mengikuti jejak mereka ? yang patut dicontoh oleh kaum muda yang lain ? Kalau saja ada banyak Adryan Fitra dan Nanang Kristanto lainnya.. saya yakin dunia internet marketing Indonesia akan semakin ramai, dunia pasti akan mengagumi.  Coba anda lihat mengapa selalu anak muda luar yang ngetop dan menjadi milyarder, seperti pencipta facebook, wordpress, twiter,  friendster, dll. , sementara kita hanya sebagai penonton, pengagum, pengguna..sampai terlena dibuatnya. Wahai anak muda Indonesia segera..bangkitlah !



Posting terkait :

Blog terkait :



Info Lowongan Kerja Terbaru :

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme