EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Manfaat Keberadaan Mesin Cuci Dalam Keluarga

Berbicara tentang Mesin Cuci atau Washing Machine bukanalah sesuatu yang baru bagi masyarakat di perkotaan, sebab kehadirannya sudah puluhan tahun yang lalu. Keberadaan Mesin Cuci sudah menyatu dan sudah ada ketergantungan dalam kehidupan sebuah rumah tangga atau keluarga di masyarakat perkotaan. Sebagai contoh, ketika listrik mati seharian, maka untuk melakukan pekerjaan mencuci pakaian dengan cara manual praktis tidak akan dilakukan. Oleh karena itu, maka keberadaan Mesin Cuci bukan lagi sesuatu yang mewah atau berlebihan, tetapi sudah merupakan suatu kebutuhan dan memberikan manfaat meringankan pekerjaan mencuci paiakaian yang sangat memakan waktu dan tenaga jika dilakukan secara manual.
[Gambar] Manfaat Keberadaan Mesin Cuci Bagi Keluarga

Tetapi kalau melihat masyarakat di pedesaan pada umumnya tampaknnya dalam melakukan pekerjaan mencuci pakaian tetap masih menggunakan cara manual dan yang menggunakan mesin cuci masih dapat dihitung dengan jari. Di daerah pedesaan tetentu, masih ada dan dilakukan kebiasaan mencuci pakaian beramai-ramai dipinggiran kali  atau di pemandian umum yang sumber airnya mata air dari gunung. Umumnya mereka sama sekali belum mengenal manfaat menggunakan mesin cuci, atau mungkin tidak tertarik untuk menggunakan mesin cuci dengan berbagai alasan tertentu.

Berbagai jenis, merek dan type mesin cuci yang dijual di pasaran pada jaman modern seperti sekarang ini sangat beragam dan banyak pilihan, mulai harga yang termurah sampai yang termahal, mulai manual sampai yang canggih (otomatis pakaian langsung kering).

Masyarakat pengguna mesin cuci ketika memilih jenis mesin cuci untuk dibeli, mereka sudah tahu jenis yang mana yang harus dipilih.. biasanya disesuaikan dengan kondisi keadaan kemampuan ekonomi. Mesin cuci jenis manual uang paling banyak diminati, bikan saja dari sisi harga mesin cuci-nya, tetapi mereka juga memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan setiap menggunakan mesin cuci. Misalnya seorang keluarga dengan kemampuan ekonomi pas-pasan sudah pasti akan kberatan jika menggunakan mesin cuci otomatis, dimana penggunaan deterjen, air, listrik sudah pasti akan lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis mesin cuci manual yang menggunaan air sabun dapat dipergunakan berulang-ulang untuk mencuci pakaian.

Tetapi yang jelas keberadaan mesin cuci ditengah-tengah keluarga sangat membantu pekerjaan keluarga. Berbagai pilihan jenis, merek, dan harga, memberikan alternatif dan pilihan dalam memutuskan jenis mesin cuci yang mana yang paling cocok untuk digunakan sesuai kemampuan membeli dan kemampuan biaya operasional pekerjaan cuci-mencuci papaian keluarga.

Updated: 30/06/2012 — 9:59 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme