EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Masa Persiapan Pensiun Pegawai Negeri Sipil

Masa Persiapan Pensiun Pegawai Negeri Sipil (MPP) adalah waktu yang diberikan kepada setiap pegawai Negeri (PNS)  selama satu tahun, tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada setiap PNS untuk mempersiapkan diri menjelang masa pensiun. Selama  MPP seorang PNS dibebaskan dari tugas-tugas pekerjaan sebagai PNS. Untuk dapat menikmati masa MPP,  enam bulan sebelumnya harus sudah mengajukan permohonan mengambil MPP, dan nanti akan menerima surat tugas yang menyatakan PNS yang bersangkutan bebas dari tugas-tugas sebagai PNS dengan mendapatkan gaji pokok + tunjangan istri dan anak full. Kecuali bagi PNS yang memiliki jabatan fungsional atau jabatan struktural tidak akan diberikan.

Masa Persiapan Pensiun Pegawai Negeri Sipil

Masa MPP bisa diambil bagi PNS yang mau,  atau tidak diambil juga tidak apa-apa, tergantung pada PNS yang bersangkutan. Biasanya PNS yang memiliki jabatan fungsional dan jabatan struktural jarang sekali yang memanfaatkan masa MPP, sepertinya merasa sayang kehilangan tunjangan jabatan.

Dengan peraturan baru ada perubahan usia pensiun untuk PNS biasa, dari usia 56 tahun diperpanjang menjadi 58 tahun. Masa pensiun merupakan sesuatu yang tidak diinginkan oleh setiap PNS, maka oleh sebab itu bagi PNS yang belum siap menerima datangnya masa pensiun kadang-kadang tidak tahan  dalam menjalankan masa transisi, biasanya ada yang stress karena kaget biasa beraktivitas, kemudian tiba-tiba stop. Oleh karena itu MPP meruakan kesempatan yang baik untuk digunakan sebagai masa transisi dan mempersiapkan diri sebelum tiba saatnya masa pensiun yang sebenarnya.

Ketika tiba saatnya masa pensiun, maka penghasilan akan melorot tajam, apalagi bagi PNS yang memiliki jabatan fungsional seperti guru, dosen, laboran, pustalawan dsb., dan bagi PNS yang memiliki jabatan struktural mulai sebagai pejabat eselon satu sampai eselon terendah yaitu eselon empat.

Masa Persiapam Pensiun sebaiknya dimanfaatkan untuk melatih dan mempersiapkan diri kita sebelum datangnya masa pensiun, dengan mencari alternatif kegiatan tertentu yang nantinya bisa dijadikan pengisi waktu di masa pensiun.

Updated: 30/12/2014 — 8:42 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme