EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Masa Persiapan Pensiun

Kali ini saya akan berbagi kepada teman-teman yang pada saat ini sudah menjelang usia pensiun, baik teman yang bekerja sebagai karyawan swasta maupun sebagai pegawai instansi pemerintah (PNS) non fungsional yang usia pensiunnya 55 tahun.

Saya adalah PNS yang sebentar lagi sekitar 1 tahun lebih akan memasuki masa persiapan pensiun (mpp). Ketika usia saya menginjak 50 tahun, saya sudah berfikir mengenai apa yang bisa saya kerjakan di usia pensiun nanti apabila diberi umur panjang.
Alangkah lebih baik jika seandainya jauh-jauh hari sebelum saat itu tiba  sudah ada gambaran suatu kegiatan yang kira-kira dapat dan mampu dilakukan oleh seorang pesiunan.  Kegiatan yang saya suka  diantaranya adalah beternak ikan dan bercocok tanam. Tapi sayang,  itu tidak dapat saya lakukan sejak dini, mengingat tidak cukup waktu  untuk merintis kegiatan tersebut, sebab akan mengganggu pekerjaan saya sebagai PNS.

Kurang lebih  hampir 1 tahun di tahun 2008 saya aktif  belajar ngeblog  dengan menggunakan blog gratisan wordpress. Pada awalnya hanya iseng-iseng, tapi kemudian saya rajin melakukan blogwalking atau mengunjungi dan membaca bermacam-macam artikel blog orang lain.  Dari kegiatan tersebut ternyata ada hikmahnya, saya mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan tentang cara-cara  blogging dan sedikit mendapat gambaran tentang internet marketing yang konon kata mereka yang sudah menjalankannya, bahwadi sana ada peluang untuk mendapatkan penghasilan dari internet melalui kegiatan bisnis online dan sekaligus kegiatan tersebut bisa dijadikan sebagai kegiatan rutin.

Dengan pertimbangan dari berbagai informasi yang saya dapatkan, maka sejak itu saya mulai tertarik oleh bisnis online dan sepertinya cocok dengan kondisi saya sebagai PNS , karena untuk mulai merintis kegiatan ini saya dapat memanfaatkan waktu luang, di rumah.  Kegitatan bisnis online tidak memerlukan tempat yang luas dan peralatan yang mahal, bisa dikerjakan di  rumah di sudut ruangan dengan peralatan yang minimalis yaitu sebuah PC dan koneksi internet.

Setelah saya pertimbangkan dengan matang, saya putuskan untuk mencoba terjun ke dunia internet marketing. Langkah pertama yang saya lakukan adalah,  bagai mana saya mendapat ilmunya, yaitu ilmu internet marketing. Waktu itu saya mendapat info tentang Asian Brain Anne Ahira dari seseorang yang bernama Dini Shanti salah satu murid Anne Ahira yang sekarang sudah sukses dan menjadi pesaing gurunya. Setelah saya pelajari sampai mengerti tentang Asian Brain. Dengan niat, semangat dan keyakinan, lalu saya bergabung  dengan Asian Brain untuk menjadi murid Ahira pada bulan November 2008.  Agar proses belajar lebih cepat, saya keluarkan biaya pelatihan sekaligus untuk 1 tahun agar saya bisa mendownload semua materi (paket modul + video tutorial) untuk 1 tahun.

Oleh karena hampir 1 tahun saya sudah faham blog wordpress, maka hanya dalam waktu 4 bulan , saya sudah dapat memahami dan mempraktekan semua paket pelajaaran yang yang diajarkan. Yang paling saya tertarik dari pilihan bisnis online yang diajarkan Anne Ahira adalah PPC Adversiting, terutama Google AdSense menggunakan script blog WordPress (hosting @ domain berbayar). Bisnis PPC Google Adsense yang mensyaratakan semua artikel blog harus berbahasa inggris, pada awalnya  saya pesimis, sebab saya sangat minim bahasa Inggris.  Tapi ternyata itu bukan penghalang, bisa bahasa inggris itu lebih baik.. tapi nomor sekian.  Yang nomor 1 adalah memahami dan menguasai  ilmu internet marketing, sebab dengan menguasai ilmu internet marketing, bisnis apapun di internet bisa kita jalankan.

Alhamdulillah sampai sekarang saya sudah punya 6 buah blog untuk google adsense. Dari keenam blog dengan sebuah account adsense, secara rutin hasil setiap bulannya sudah saya rasakan walaupun masih dalam  batas minimum yang dibayarkan google. Jadi, masih jauh ke titik impas, sebab biaya investasi pembuatan per blog minimum 1, 5 juta rupiah untuk blog dengan isi 100 artikel.  Tidak hanya sampai di situ, saya terus membeli artikel dengan cara outsourching. Tapi saya yakin, walaupun kenaikan penghasilan adsense dirasakan agak lambat, hal ini disebabkan karena tidak cukup waktu saya untuk mengelola dan mengoptimalkan blog-blog saya tersebut. Jika semua blog saya sudah dikelola dengan baik, saya yakin hasilnya akan sesuai dengan yang direncanakan. Apabila saya sudah pensiun nanti, maka saya akan banyak waktu untuk kerja full time di internet.

Seperti itulah persiapan saya menjelang pensiun. Jadi, apabila ada teman-teman yang memiliki keahlian atau hoby menggunakan komputer dan internet, itu merupakan modal dasar yang sangat berharga dan tidak mungkin dimiliki setiap orang. Hanya satu kurangnya, yaitu ilmu internet marketing. Apabila teman-teman setuju, maka kegiatan bisnis online dapat di jadikan untuk kegiatan nanti di usia pensiun. Itulah kegiatan yang menurut saya cocok dan bisa dirintis sejak dini tanpa mengorbankan waktu dan mengganggu pekerjaan kantor.  Jika kita diberi umur panjang dan masih mampu membaca dan menulis, Insya Allah kegiatan bisnis online  akan sangat bermanfaat, dan bisa dijadikan teman pengisi waktu luang di saat pensiun nanti, yang konon khabarnya masa pensiun itu adalah saat-saat yang paling ditakuti ditakuti kebanyakan orang,  tapi entahlah !

Mari kita mulai menanam sejak sekarang, tanamkan investasi pada bisnis online, jangan membuang-buang waktu.. sebab bisnis semacam ini perlu waktu yang cukup, seperti halnya menanam pohon buah-buahan, yang hasilnya akan kita nikmati kelak beberapa tahun kemudian.  Segera temukan ilmu dan caranya di ASIAN BRAIN, yakin anda pasti bisa seperti murid-murid Asian Brain yang telah lebih duluan bergabung.



Related posts : Aktivitas Masa Pensiun dan Asian Brain

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme