EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Memanfaatkan Layanan Histats.com Secara Optimal

Histats.com adalah salah satu situs dari sekian banyak situs lainnya yang memberikan layanan pemantauan statistik lalu lintas pengunjung situs (website/blog), sehingga para pengguna Histats.com dapat melakukan pemantauan lalu-lintas pengunjung situs masing-masing. Layanan yang diberikan Histats.com adalah gratis dan tidak ada batasan jumlah situs yang mau didaftarkan.

memanfaatkan layanan histats.com summary

Dari sekian banyak para pemilik situs dalam memanfaatkan layanan Histats.com kebanyakan hanya sebatas menggunakan stats counter yang dipasang pada  situs mereka. Stats counter histats.com yang dapat dipasang pada setiap situs untuk memantau lalu lintas pengunjung, meliputi pemantauan: jumlah pengunjung hari ini, jumlah pengunjung keseluruhan, page view hari ini, jumlah page view keseluruhan, dan jumlah pengunjung yang sedang online saat ini (user online).

memanfaatkan layanan histats.com search engine

Dalam menyajikan informasi lalu lintas pengunjung yang diberikan Histats.com kalau dibandingkan dengan google analytics, menurut saya Histats.com lebih simple dan mudah. Ada kelebihan dari Histats.com, yaitu dapat menyajikan data pengunjung setiap saat, sedangkan google analytic update data pengunjung yang disajikan tidak setiap saat, tapi dalam kurun waktu tertentu (perhari).

Dalam memanfaatkan Histas.com, sebenarnya tidak sebatas untuk memanfaatkan stats counter yang dipasang pada setiap situs masing-masing dengan cara mengambil kode stats counter lalu dipasang di masing-masing situs, dan setelah itu tidak pernah kembali lagi login ke member area Histas atau cukup membuka situs masing masing untuk melihat data counter histats yang terpasang. Kalau saya sebagai pengguna Histas, tidak bisa melihat data histats sebab yang dipasang pada setiap situs saya adalah hidden stats counter, dan saya memantaunya dengan cara login ke member area.

memanfaatkan layanan histats.com situs rujukan

Memanfaatkan Histats.com selain untuk stats counter, kita juga juga dapat lalu-lintas pengunjung situs berdasarkan : negara mana asal, browser yang digunakan, search engine, situs referensi, berdasarkan URL, dan sebagainya. Dengan memanfaatkan layanan histats yang menyikan data begitu lengkap, maka kita dapat memantau dan perkembangan situs masing-masing: apakah pengunjung menurun, stabil, atau meningkat.

Seandainya keadaan situs menurun drastis, maka kita dapat dengan segera mencari tahu penyebabnya di google webmaster tools. Penyebab pengunjung turun drastis sebuah situs, masalah yang sering terjadi adalah terlalu banyak link mati, atau terlalu banyak banyak duplikat content, atau ada pelanggaran webmaster sehingga google menghapus index situs kita.

Layanan gratis Histats.com akan sangat terasa manfaatnya bagi mereka yang mengelola situs lebih dari satu, sehingga dalam memantau lalu lintas pengunjung, cukup dengan login dan melihatnya di member area Histats.com.

Kiranya postingan saya mengenai cara memanfaatkan layanan Histats.com saya cukupkan sampai di sini, semoga ada guna dan manfaatnya bagi teman-teman yang belum mengetahuinya.

Baca artikel sebelumnya : Cara Install Blog WordPress dengan Pantastico De Luxe

6 Comments

  1. Memang manfaat histats itu sangat luar biasa, sangat membantu kita mengawasi situs kita jadi lebih mudah 🙂

    1. Benar mas.. untuk memantau lalu-lintas pengunjung beberapa blog cukup login member area histats.. ga perlu buka-buka blog, kecuali test posting baru. Makasih atas kunjungannya .. Salam kenal dan salam blogging .. 🙂

  2. Histats mudah sekali menggunakannya dan fiturnya lengkap cukup bisa diandalkan untuk menganalisa kemajuan blog

    1. Benar.. sangat mudah dan sajian data stats-nya lengkap dan update setiap saat kita melihat. Makasih atas kunjungan teman Dwi Sugiarto, salam kenal dan salam blogging.. 🙂

  3. dari dulu belum paham cara pake histats

    1. Mudah ko, tinggal register, login, add website, add counter code, pasang di blog. Makasih atas kunjungannya, salam kenal dan salam blogger!

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme