EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Memanfaatkan Peluang Emas Di Era Kecanggihan Teknologi Internet dan Ponsel Pintar

Di jaman teknologi canggih seperti sekarang ini tingkat kehidupan sosial ekonomi masyarakat semakin beragam. Dilihat dari sisi penghasilan dan kemampuan finansial jumlah masyarakat ekonomi menengah ke atas semakin meningkat, tapi disisi lain masyarakat yang berpenghasilan rendah bahkan miskin juga tidak sedikit, bahkan jumlah pengangguran juga meningkat yang ditandai meningkatnya tingkat kejahatan dan kriminalitas.

 

Keadaan tersebut salah satunya dipicu oleh kecanggihan teknologi internet dan ponsel. Dengan semakin canggihnya teknologi internet dan ponsel pintar menyebabkan semakin cepatnya lalu lintas komunikasi di berbagai sektor kegiatan manusia dan memicu pertumbuhan ekonomi di berbagai bidang, termasuk dunia bisnis.

Dalam kesempatan ini saya hanya ingin menyinggung mengenai kecanggihan teknologi internet dan ponsel di dunia bisnis, khususnya pada bisnis online. Sebelum jaringan internet seperti sekarang ini dan sebelum hadirnya ponsel pintar, tahun 1990-an dan awal 2000-an kegiatan bisnis online di Indonesia belum ramai seperti sekarang. Marketplace waktu itu hanya terbatas kepunyaan perusahaan tertentu, dimana seller perorangan tidak dapat berpartisipasi di dalamnya. Tapi sekarang jumlah marketpace nasional semakin bertambah.

Beragam marketplace nasional yang ada saat ini sangat besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Para pengusaha berbagai golongan mulai dari pedagang besar sampai pedagang kecil bisa bergabung ikut berjualan di marketplace yang ada saat ini. Sebagai contoh beberapa marketplace yang sedang populer saat ini seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Matahari Mall, Bilbli, Bhineka, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebagai masyarakat yang jeli dan memahami bahwa keberadaan marketplace nasional merupakan peluang emas untuk ikut mengembangkan usaha yang sebelumnya hanya memiliki jangkauan pasar lokal, maka dengan bergabung marketplace maka jangkauan pasar menjadi lebih luas ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan dunia.

Dengan bergabungnya pedagang-pedagang pada marketplace membuat pedagang-pedagang besar semakin besar, karena mereka memiliki teknik pemasaran yang baik dan memiliki modal yang besar.

Bagaimana dengan pedagang-pedagang kecil yang non badan hukum atau bahkan perseorangan apakah dapat berpartisipasi di marketpalce? Ya..memang hanya beberapa marketplace nasional yang memberikan kesempatan bagi pedagang kecil non badan hukum dan perseorangan diantaranya Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak yang kebetulan ketiga marketplace tersebut yang saat ini paling populer. Terbukti banyak pedagang (seller) perseorangan yang dapat mengembangkan usaha kecil mereka sehingga dapat memberikan penghasilan yang tidak disangka-sangka.

Apakah Anda termasuk yang sudah memanfaatkan peluang emas tersebut? Jika belum..cobalah mulai dari sekarang mulai cari tahu bagaimana cara menggali peluang disela-sela kecanggihann teknologi internet dan ponsel pintar sebagai sarana yang mendukung untuk menjalankan bisnis online dengan memanfaatkan marketpace nasional seperti Tokopedia Dll. Sebagai referensi saya sudah memanfaatkannya sejak 2 tahun bergabung dengan Tokopedia, silahkan lihat lapak saya:  Klik Disini..

Itulah sebuah artikel yang dapat saya sampaikan kali ini semoga bermanfaat. “Manfaatkanlah peluang emas di sela-sela kecanggihan teknologi internet dan ponsel pintar”

Updated: 22/11/2017 — 2:37 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme