EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Membangun Usaha Bisnis Sampingan di Internet lebih Murah

Oleh : endang kusmana

Tidak mudah bagi seseorang untuk tertarik pada usaha bisnis di internet, baik sebagai bisnis sampingan maupun bisnis pokok.  Kebanyakan berpendapat bahwa bisnis internet adalah bisnis bohong, bisnis khayalan, bisnis penipuan dan sebagainya. Padahal sebenarnya itu pendapat atau prasangka yang salah. Sebab pada kenyataannya tidak demikian.

usaha-bisnis-sampingan-di-internetKebanyakan orang cenderung ingin bekerja, baik bekerja pada perusahaan atau pada instansi pemerintah. Hal itu memang wajar, karena dengan bekerja bakal mendapatkan penghasilan yang tetap dan rutin setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Banyak orang yang berhasil dan sukses dalam menjalankan bisnis atau usaha konvensional, baik dalam skala kecil maupun besar. Tapi tidak sedikit juga yang usahanya gulung tikar karena tidak bisa menjalankan usahanya dengan baik.

Persaingan di dunia usaha baik bisnis konvensional maupun bisnis internet sangat ketat. Sedikit saja melakukan kesalahan dalam menjalankan manajemen, proses produksi, studi pasar, maka tinggal menunggu bom waktu gulung tikar.

Membangun usaha bisnis di internet baik dengan tujuan sebagai usaha sampingan maupun sebagai usaha pokok,  secara umum banyak persamaannya dengan membangun usaha bisnis konvensional.

Beberapa hal yang harus dimiliki seseorang jika ingin memulai membangun usaha atau bisnis :


Kemampuan teknis dan penjualan

Jika anda ingin merintis bisnis dari nol, atau kecil-kecilan, maka pengetahuan dan kemampuan teknik mutlak harus dimiliki sesuai bidang usaha yang akan dijalankan. Jika anda ingin menjalankan bisnis ternak sapi perah misalnya, maka anda harus memiliki pengetahuan tentang sapi perah. Kalau tidak, maka anda mau tidak mau harus merekrut dan membayar seorang tenaga ahli peternakan sapi perah. Begitu pula jika anda ingin memulai bisnis melalui internet, maka yang anda harus memiliki pengetahuan internet, website dan internet marketing.

Sebelum anda membangun usaha ternak sapi perah, sebelumnya anda harus sudah melakukan riset pasar. Kemana hasil produksi susu segar anda akan dipasarkan ? Siapa dan berapa banyak konsumen susu sapi segar? Berapa banyak pengusaha sapi perah? Dan bagaimana cara untuk mengalahkan pesaing anda?

Dalam bisnis internet juga sama. Misalnya, bisnis apa yang akan anda jalankan ? (misal, ebook anda sendiri, affiliate, adsense, amazon, ebay, clickbnl, dll).  Kemana target pemasarannya? (dalam negeri, luar negeri).    Berapa banyak orang yang mencari produk yang akan anda jalankan? (cari dengn adword google).  Berapa ribu, juta halaman situs yang memuat produk yang akan anda jalankan (ketik kata kunci di google, itu adalah pesaing anda) ? Bagai mana cara mengalahkan pesaing anda ? (yang belum tau caranya : Belajar di Asian Brain.. lihat cara bergabung dengan Asian Brain)

Modal usaha

Konvensional : kandang sapi perah, sapi perah, dll. Biaya operasional : biaya SDM, biaya promosi dan transportasi, makanan dan obat-obatan ternak dsb.
Bisnis internet : komputer dan software, jaringan internet, website.

Dari perbandingan antara keduanya, maka membangun bisnis internet jauh lebih murah, tidak perlu modal besar. Yang anda perlukan untuk menjalankan bisnis internet adalah :

  • Belajar internet marketing di Asian Brain selama 2 tahun, jika anda masih pemula. Tetapi apabila anda sudah terbiasa menggunakan wordpress,  tidak harus 2 tahun. Biayanya : bulan ke 1 s/d ke 6 Rp. 245.000 /bulan, bulan ke 7 s/d 12 Rp 150.000 /per bulan. Atau bayar 1 tahun (paket hemat) Rp. 1.7 juta. Biaya hosting dan beberapa domain tidak nyampe Rp. 1 juta /tahun.
  • Komputer (desktop atau laptop) Rp 4 s/d 6 jt. Jaringan internet Speady unlimited paket paling kecil Rp. 200 rb./bulan.

Dengan modal tidak sampai Rp. 10 jutaan, anda sudah bisa menjalankan bisnis online. Kalau anda ingin bisnis ternak sapi perah, Rp. 10 juta.. anda baru kebeli 1 ekor sapi, bukan ? Menjalankan bisnis online, bagi yang sudah tahu caranya.. asyik, tidak perlu keluar rumah, tidak diatur boss, tidak terikat waktu, dan yang paling penting tidak ada yang membatasi income.. semuanya kita sendiri yang menentukan. Sambil keliling kota, dimanapun anda bisa menjalankannya.

Bagi yang serius, memiliki kemauan, dan modal .. mulai dari sekarang anda bisa berfikir lebih jauh ke depan dan investasikan uang anda pada bisnis online. Ikuti cara-cara bisnis internet yang benar dan legal di PT. Asian Brain. Prospek bisnis internet ke depan akan semakin baik seiring perkembangan teknologi komputer dan internet yang semakin canggih. Mencoba untuk menjadi pemain itu lebih baik, berhasil atau tidaknya semuanya tergantung pada keseriusan, kemauan, ketekunan dan kreatifitas masing-masing.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme