EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Membuat Blog untuk Iklan Google AdSense

Sebagaimana kita ketahui bahwa PPC Google AdSense merupakan program iklan PPC terbaik di dunia. Banyak sekali orang yang kaya raya sebagai publisher iklan PPC Google AdSense. Jumlah publisher iklan PPC Google AdSense tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia.

Jika orang sudah sukses menjalankan bisnis online sebagai publisher iklan ppc google AdSense akan memiliki penghasilan rutin setiap bulan. Penghasilan dari Google Adsense merupakan penghasilan yang unik, sebab akan terus mengalir setiap bulan selama blog dan akun Google Adsense tidak diblokir Google..sekalipun pemilik akun berhenti melakukan kegiatan update blog/web adsense dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu banyak orang yang mencoba menjalankan bisnis sebagai publisher iklan Google Adsense.

Dengan menjadi publisher iklan google adsense yang sangat menjanjikan tersebut membuat banyak orang penasaran untuk menjalankannya, termasuk para pebisnis online pemula di Indonesia ikut-ikutan mencobanya. Tapi, apa yang terjadi? Mereka banyak yang merasa kesulitan untuk mendapatkan persetujuan akun Google Adsense.. sebab begitu sulitnya untuk mendapatkan persetujuan jika pendaftarannya dilakukan melalui prosedur yang benar.

Karena sulitnya mendapatkan persetujuan dengan cara mendaftar yang benar, maka banyak diantara  mereka yang  menempuh jalan pintas dengan menggunakan cara lain seperti melalui situs perantara docstoc.com, indyaroks.com, atau bahkan melalui jasa mebuatan akun adsense. Apa yang terjadi setelah mereka mendapatkan akun? Ternyata usia akunnya tidak berumur panjang, ada juga yang kebetulan umurnya bisa panjang tapi tidak menghasilkan apa-apa. Hal tersebut disebabkan karena mereka tidak atau belum mengetahui Syarat dan layanan Google Adsense, tidak tahu bagaimana cara menjadi publisher google adsense yang baik, bagaimana website/blog yang baik untuk dipasang script iklan google adsense, termasuk cara meletakan iklan, dan apa saja larangan yang tidak boleh dilanggar. Tanpa disadari mereka melanggar aturan yang dilarang google adsense, seperti mengklik iklan sendiri, menyuruh orang lain mengklik iklan, mempromosikan blog adsense secara berlebihan. dan sebagainya. Jika publisher melanggar kebijakan konten adsense (postingan), maka Google bisa menutup akun adsense tanpa basa basi.

Baiklah, bagi Anda yang sampai sekarang masih memiliki akun Google Adsense tetapi belum memberikan penghasilan, itu bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

  1. Blog/Web adsense Anda walaupun cukup banyak pengunjungnya, tidak akan menghasilkan secara optimal jika blog/web Anda adalah blog/web blog yang isinya serabutan. Misalnya ada cerpen, ada cerita humor dan lelucon, ada berita-berita yang tidak memiliki nilai produk.
  2. Mungkin blog Anda blog berbahasa Inggris yang jarang diupdate dan kata kuncinya usang, sehingga kurang pengunjungnya.

Jika Anda ada perasalahan dalam bahasa Inggris, jangan memaksakan diri dengan melakukan rewrite menggunakan software, sebab itu walaupun secara SEO tidak masalah, tetapi blog Anda tidak akan mendapatkan simpati dari pengunjung.. sehingga artikel Anda tidak akan dibaca orang, dan pengunjung yang datang akan lengsung pergi meninggalkan blog Anda. Kalau kasusnya seperti itu, maka blog Anda akan dicap jelek oleh Search Engine khususnya Google. Dalam algoritma Google Panda.. jika pengunjung suatu situs yang dirujuk SE kurang dari 30 detik berada pada situs yang dirujuk, maka situs tersebut dianggap tidak memiliki manfaat bagi pengunjung dan akan dicatat jelek setiap kejadian berulang. Jika haltersebut berulang-ulang, maka situs tersebut tak akan pernah mandapat ranking di SE.

Sekarang bahasa Indonesia sudah didukung oleh Google Adsense, maka peluang ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pebisnis online Indonesia yang memiliki permasalahan dalam bahasa Inggris.

Cara membuat blog yang baik untuk iklan Google Adsense :

  1. Buatlah blog yang spesifik, seperti blog lowongan kerja, blog arsitektur, blog otomotif dsb. Dengan blog spesifik maka tingkat klik iklan akan tinggi, sebab orang ketika melakukan pencarian di SE akan dibawa ke blog yang memang memiliki konten yang sesuai dengan yang dicarinya. Dan iklan-iklan google yang tampil akan relevan dengan informasi yang dicari.. maka oleh kerena itu peluang kliknya tinggi.
  2. Blog yang dapat digunakan : WordPress hosting sendiri, blogspot gratis atau blogspot domain sendiri.
  3. Langkah-langkah setelah membuat blog : (1) posting beberapa artikel spesifik sesuai tema blog; (2) lakukan Ping misalnya di Pingomatic.com… cukup sekali; (3) daftarkan di Google web master tools termasuk add sitemap, untuk memantau kesehatan dan permasalahan blog; (4) daftarkan di Google Analytics untuk memantau perkembangan blog; (5) lakukan Add Url Google, Yahoo, Bing/MSN dengan cara manual.. hanya sekali saja;(6) Lakukan Feed di Google dan Yahoo.. cukup sekali.

Yang harus dilakukan selanjutnya adalah update blog dengan melakukan posting secara rutin sebaiknya setiap hari 1 artikel, atau 2 hari sekali, artikel asli bukan kopi paste.. tentu saja buatlah artikel yang memiliki kata kunci yang banyak pencarinya misalnya “Ponsel terbaru 2012“, “desain furnitur minimalis“, “desain rumah minimalis“, dst. Setiap setelah melakukan posting usahakan melakukan komentar di blog orang lain yang memiliki tema yang sama. Caranya ketik kata kunci sesuai postingan Anda di Google, maka akan bermunculan blog/web yang memuat kata kunci tersebut.. lalu buka satu persatu dan berkomentarlah disana dengan komentar yang berbobot serta menggunakan bahasa yang baik.. minimum 60 karakter. Bookmarking dan jenis promosi lainnya sebaiknya tidak dilakukan untuk blog adsense. Dengan artikel-artikel yang hebat, original (no copyscape) blog Anda akan menjadi blog SEO alami, dan akan memiliki 90%  pengunjung dirujuk oleh SE. Pengunjung akan mulai benyak setelah blog berusia 1 tahun.. dengan catatan diupdate secara rutin.

Apabila hal tersebut dilakukan dengan disiplin, saya yakin blog Anda akan menjadi blog yang baik untuk iklan PPC Google Adsense Anda. Ingat! Klik iklan yang baik dan bernilai adalah klik yang dilakukan oleh pengunjung unik yang dirujuk Search Engine, bukan klik dari pengunjung direct (langsung ketik url di browser). Semoga bermanfaat, dan sukses buat Anda.

Updated: 15/10/2012 — 11:55 am

2 Comments

  1. adsense memang salah satu cara mendapatkan penghasilan dari internet…<br /><br />cuma akhir-akhir ini susah untuk mendapatkan akun adsense, beda dengan waktu tahun 2008…<br /><br />waktu itu gampang banget dapat akunnya…<br />cukup bikin blogspot, isi minimal 10 artikel copas, terus daftar di adsense…<br />tidak sampai 3 hari, pendaftaran kita disetujui…<br /><br />kalo sekarang nunggu

  2. klo ada iklan affiliasinya gmana?blh ga ikt google adsense?

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme