EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Membuat Blog WordPress Untuk Bisnis Online

cara membuat blog wordpress domain dan hosting sendiriBlog WordPress – Diantara sobat yang kebetulan membaca artikel halaman ini mungkin ada yang sudah terbiasa nge-blog atau mungkin juga sobat sedang browsing kesana-kemari untuk mencari tahu bagaimana cara membuat blog WordPress dengan menggunakan domain dan hosting sendiri (self hosted).

Apabila ingin memiliki sebuah blog WordPress yang self hosted yang kelak dapat memberikan penghasilan kepada pemiliknya tentu saja harus direncanakan sejak awal untuk tujuan tersebut.

Untuk membuat sebuah blog misalnya blog wordpress, maka yang harus kita lakukan menentuka tema dari blog yang akan kita buat, dengan cara memberi nama blog. Nama sebuah blog harus mencerminkan keseluruhan isi dari blog. Nama blog disebut juga judul blog. Gambaran singkat yang lebih jelas dituangkan pada deskripsi (description). Setelah menentukan judul dan deskripsi blog selanjutnya mencari nama domain atau alaman blog. Nama domain bebas kita tentukan, apakah mau mengacu kepada judul blog, atau menggunakan nama sendiri, atau menggunakan kata unik. Sebaiknya nama domain singkat saja unik dan mudah diingat, sehingga memudahkan pengunjung mengingat nama domain blog kita yang memungkinkan melakukan kunjungan ulang. Agar nama Anda populer, ada bagusnya menggunakan domain nama sendiri.

Judul Blog

Judul blog harus menggambarkan isi keseluruhan blog, misalnya: ” Belajar Blog dan Bisnis Online”, “Berbagi Aneka Info”, “Tutorial Bisnis Mandiri”, “Belajar Cari Uang Online”, dan seterusnya. Untuk judul “Berbagi Aneka Info”¬† isi blog bisa rupa-rupa informasi, sedangkan jika judul blog “Belajar Blog dan Bisnis Online” isi blog tentu saja jangan menyimpang dari judul yaitu tentang blog dan bisnis onlie.

Tidak sedikit blog yang isinya tidak sesuai dengan judul. Menurut aturan SEO (Optimasi mesin pencari) bahwa panjang judul blog sebaiknya tidak lebih dari 60 karakter dan merupakan salah satu dari sekian banyak persyaratan agar sebuah blog optimal dalam mesin pencari. Judul blog nantinya akan merupakan kata kunci dalam pencarian di search engine.

Deskripsi (description)

Deskripsi merupakan gambaran isi blog yang lebih lengkap dari judul. Untuk panjang deskripsi menurut aturan SEO tidak lebih dari 160 karakter. Deskripsi dan judul blog nantinya akan muncul di mesin pencari apabila ada user yang melakukan browsing di mesin pencari seperti Google, Yanoo, atau Bing. Contoh deskripsi untuk judul blog, “Belajar Blog dan Bisnis Online”, misalnya: Mencari informasi dan berbagi pengetahuan dan pengalaman¬† seputar dunia nge-blog, SEO, bisnis online atau internet marketing”.

Nama Domain

Nama domain sebaiknya pendek dan mudah diingat, seperti yang telah saya singgung di atas bisa menggunakan nama unik atau nama sendiri, misalnya iwan.com, iwan.net, iwan.org. Atau nama unik misalnya : keren.com, infounik.com, gayaku.com, kuncung.com dll.

Itulah yang dapat saya sampaikan pada posting kali ini tentang merencanakan sebuah blog WordPress dengan demain dan hosting sendiri untuk kegiatan bisnis online.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme