EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Memelihara Ikan Nila Merah di Kolam Hias

Memelihara Ikan Nila Merah РMemalihara ikan hias merupakan salah satu hobi saya, dan mungkin Anda juga mempunyai hobi yang sama dengan saya. Dulu saya memlihara ikan hias di aquarium, ketika itu yang sedang populer adalah ikan arwana dan ikan lauwhan. Sekarang sudah tidak lagi,  saya sudah merasa bosan, sebab jenis ikan tersebut memerlukan perawatan yang baik dan makanan ikan yang bagus. Selanjutnya beralih ke kolam ikan hias, tapi yang saya pelihara sekarang bukan ikan hias seperti lajimnya dilakukan orang melainkan saya memelihara ikan nila merah.

ikan nila merah di kolam hias
Gambar Ikan Nila Merah : terlihat ikan yang kecil sebesar jari kelingking, itu baru dibeli. Sedangkan ikan yang besar adalah sudah harus dihabiskan, beratnya untuk 1 kg berisi 7 ekor ikan… Lumayan nambah GIZI..!

Kolam ikan hias yang saya punya berukuran panjang 2 meter lebih, lebar 60 cm, dan dalam 30 cm berbentuk L. Cara menanam bibit ikan saya membeli anak ikan nila merah sebesar jari kelingking yang harga per ekornya 1000 rupiah. Kolam ikan yang berukuran tersebut saya isi dengan 50 ekor. Setelah 4 sampai 5 bulan ikan nila merah tersebut sudah bisa dipanen dengan berat 1 kg untuk 7 ekor ikan. Ikan tersebut lumayan untuk dikonsumsi.. ya paling tidak seminggu sekali 2 kg. Setelah kurang lebih tersisa 14 ekor lagi di kolam, selanjutnya saya membeli lagi anaknya sejumlah 50 ekor.

Untuk makanan ikan nila merah, saya berikan makanan (pelet ikan) yang mengandung kadar protein tinggi, degan harga per kg 11 ribu rupiah. Jumlah makanan yang diperlukan untuk setiap bulan tergantung dari perkembangan dan ukuran ikan. Semakin tambah usia ikan, makanannya bertambah banyak. Misalnya untuk usia ikan sudah mencapai 4 bulan (masa panen),   saya bisa memberikannya  3 sampai 4 kg se bulan, makanya harus mulai dipanen untuk mengurangi jumlah makanan. Sedangkan pada saat ikan masih kecil (baru dibeli), selama 1 bulan paling habis setengah kg dengan menggunakan pelet ikan yang berukuran paling kecil.

Memelihara ikan nila merah kalau dilihat dari sisi keuntungan saya kurang begitu memperhitungkannya, menurut istri saya harga iklan nila merah = 36 ribu rupiah per kg, sepertinya + bayar listrik pompa air tidak rugi. Tapi yang saya rasakan atau saya fikirkan bukan untung rugi, lebih rugi lagi ketika memelihara ikan arwana harus menuediakan beberapa anak ikan mas setiap hari. Tapi saya berfikir selain berfungsi sebagai ikan hias, ikan nila bisa dijadikan ikan konsumsi, seperti halnya menanam sayuran di atas atap.

Updated: 25/12/2014 — 11:39 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme