EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara Memindahkan Konten Blog di blogspot ke WordPress Self Hosted

cara pindah blogspot ke blog wordpressCara Memindahkan Konten Blog – Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang memindahkan seluruh isi blog pada blog di Blogspot ke blog WordPress self hosted. Saya punya pengalaman memindahkan isi 3 blog di blogspot yang belum custom domain, artinya masih domain bawaan blogspot seperti http://namabloganda.blogspot.com.

Ada beberapa blog tersebut kurang terawat, tetapi sudah memiliki traffik lumayan, ada yang 50 visitor per hari ada yang 20 visitor per hari. Saya berfikir daripada blog-blog tersebut terlantar maka saya pindahkan ke blog WordPress self hosted yang kebetulan baru saya buat dan baru beberapa posting.

Dengan cara mengimport seluruh isi blog blogspot tersebut, maka visitor blog WordPress baru saya bertambah, sebab visitor blog blogspot berpindah ke blog WordPress oleh karena semua index Google dan SE lainnya diarahkan (redirect) ke blog WordPress.

Seluruh isi blog di blogspot mulai dari mulai postingan, gambar, komentar, dan link dipindah ke blog WordPress sekaligus dengan menggunakan plugin “Blogger Importer”.

Langkah-langkah Cara Memindahkan Konten Blog Blogspot ke WordPress sbb:

  1. Install plugin Blogger Importer dan aktifkan, kalau tidak ada download di wordpress.org
  2. Masuk dasbor WordPress;
  3. Pilih Pekakas >>Impor >>Blogger
  4. Pilih Authorize, dan ijinkan WordPress mengakses akun Blogger Anda.
  5. Pilih Blogspot yang akan diimpor, tunggu sampai proses impor selesai;
  6. Setelah proses import selesai, klik Set Authors.
  7. Klik Save Changes.

Setelah sampai langkah ke 7 maka proses memindahkan semua posting, komentar, gambar, dan link dari Blogger ke WordPress sudah selesai.

Selanjutnya agar semua index Search Engine blog yang dipindahkan mengarah ke blog WordPress Anda, maka semua link index harus diarahkan ke blog WordPress, caranya dengan bantuan plugin “Blogger To WordPress Redirection”. Plugin ini harus didownload di wordpress.org. Cari di kotak pencarian plugin di wordpress.org dengan mengetik : Blogger To WordPress. Lalu upload plugin tersebut ke server di wp-content/plugin melalui cpanel atau file zilla.

Langkah-langkah berikutnya :
  1. Aktifkan plugin Blogger To WordPress Redirection
  2. Klik Perkakas >> Klik Blogger To WordPress Redirection
  3. Klik Start Configuration, plugin akan mendeteksi link blog yang telah Anda import.
  4. Klik Get Code dan copy ke notepad, kode tersebut untuk mengganti kode template blogger yang Anda pindahkan.

Login ke akun Blogspot

  1. Buka dashbor blogspot
  2. Pilih Template >> Edit HTML
  3. Hapus semua kode template dan ganti dengan kode yang Anda simpan di notepad (tapi sebelumnya backup dulu).
  4. Save Template

Setelah itu maka semua link index Search Engine (Google, yahoo, Bing, dll.) akan diarahkan ke blog WordPress (redirect). Perlu Anda catat, selama postingan hasil import belum terindex semuanya, maka blog di Blogspot yang dipindahkan jangan dihapus.

Cara tersebut di atas tidak berlaku untuk memindahkan blog Blogspot yang sudah menggunakan custom domain TLD (Top Level Domain) seperti : *.com, *.net dll., sebab caranya berbeda. Untuk memindahkan blog Blogspot lainnya (apabila lebih dari satu), lakukan langkah-langkah yang sama.

Apabila proses pemindahan blog sudah selesai, untuk plugin Blogger Importer bisa di non aktifkan, sedangkan plugin Blogger To WordPress Redirection harus tetap aktif sampai dengan posting hasil import terindex semuanya.

Perlu saya sampaikan, itu adalah pengalaman saya sebagai eksperimen dan bagi Anda yang tidak berani melakukannya janganlah dilakukan. Percobaan tersebut saya lakukan pada blog endangkusman.com yang sedang Anda baca. Anda dapat mengeceknya antara umur domain dengan tanggal posting blog, dengan cara melihat sitemap blog ini, lihat saja postingan yang paling lama. Saya membuat posting baru pada blog ini belum nyampe 15 posting, tapi isi posting blog ini sudah 550 posting lebih.

Bagi Anda yang takut gagal.. jangan lakukan hal tersebut!, tapi bagi Anda yang suka bereksperimen silahkan mencobanya, tapi jangan salahkan saya apabila Anda mengalami kegagalan dalam percobaan ini..saya sudah mengingatkan.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme