EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Memulai Belajar Blog di Blogspot

Hampir selama tiga tahun saya menekuni bisnis online dengan menggunakan web berbasis blog wordpress dan web statis html. Lebih dari sepuluh situs saya berbasis wordpress dan web html. Padahal pada awal mengenal dunia blog saya memulainya dengan menggunakan blogspot, tapi entah mengapa saya tidak lama menggunakan blogger.com, saya lebih kerasan menngunakan wordpress dan web html. Selama itu pula saya dapat menimba pengalaman dari wordpress dan web statis. Dari sisi belajar mendapatkan penghasilan, memang sih sampai saat ini beberapa situs saya yang tersisa cukup masih cukup membuat dapur ngebul dan menambah gaji pensiun PNS yang tidak seberapa besarnya.

Memulai belajar blog di Blogspot

Ada pengalaman pahit yang saya alami selama ini, dengan pengalaman tersebut, saya dapat merasakan dan mengevaluasi langkah saya selanjutnya.  Menggunakan blog wordpress memang cukup mudah mengelola dan mengoptimalkannya, sebab wordpress dikenal seo friendly dan banyak plugin yang mendukung. Tapi dari sisi securitnya sangat rawan hacker, sebab wordpress berbasis CMS sangat banyak sekali lubang-lubang pintu yang dapat dimasuki perusak. Kecuali wordpress free, itu tdak masalah.. sama halnya dengan blogger.com, pengguna tidak perlua memikirkan security.

Saya punya pengalaman pahit, pada akhir tahun 2011 tiga  blog wordperess saya yang usia domain lebih dari dua tahun dan sudah cukup memberikan penghasilan rutin setiap bulan, tiba-tiba  kena hacker orang dengan cara menghantam database, sehingga ratusan konten blog saya rusak parah dan oleh Google langsung dikerangkeng (shandbox), semua index hilang dari serf Google. Masalahnya dengan serangan hacker tersebut di ketiga blog saya terdapat ribuan duplikat meta tag dan semua link dan permalink menjadi broken link, semua artikel diselipi file-file yang tidak keruan dan tidak meungkin saya perbaiki. Tapi saya tidak putus asa, masih ada beberapa blog situ yang tidak mengalami serangan hacker. Yang aman dari serangan justru web statis berbasis html.

Dengan kejadian-kejadian tersebut, sekarang saya mulai melirik blogger.com untuk memulai blogsopt. Perubahan fikiran ini kebetulan belakangan ini punya kenalan baru online yang semua situsnya blogspot. Saya coba mempelajari blogspot, mulai dari sisi pembiayaan memang sangat menguntungkan..artinya tidak perlu memikirkan sewa hosting. Kalau domain sih walaupun menggunakan domain sendiri pun tidak terlalu berat. Menggunakan wordpress untuk bisnis online harus wordpress berbayar (hosting dan domain), script wordpressnya sih free. Tapi kalau hosting dan domain sendiri sangat terasa sekali biaya pertahunnya, apalagi kalau sudah spacenya penuh dan bandwidth tidak cukup harus upgrade tambah biaya lagi. Di blogspot itu tidak terjadi, dan yang paling menguntungkan sudah gratis.. lagi pula bisa dipake bisnis online, yang hal ini tidak dapat dilakukan di wordpress free.

Disisi lain saya menemukan beberapa blog.blogspot.com yang memiliki traffik tinggi, sehingga saya berfikir, kenapa orang lain bisa.. saya tidak? Toh, semua bisa kita pelajari.. walaupun harus memulainya dari awal, itu tidak masalah buat saya.

Yang saya lebih tertarik lagi oleh blogspot, setelah saya menemuka blog blogspot  yang full free baik domain maupun hosting, dimana pengunjung blognya mencapai rata-rata 40.000 pengunjung per-hari, luar biasa!! bagi saya. Saya suka perhatikan user online pada satu saat  berkisar minimum 300 dan pada saat tertentu sampai 600 user online. Silahkan Anda dapat melihatnya sendiri alamat blognya : http://gocengblog.blogspot.com.

Ada juga beberapa alamat blog lainnya yang traffiknya lebih rendah. Mulai sekarang saya akan memulai belajar ngeblog di blogspot seperti mereka. Dan saya bisa menggambarkan penghasilan dari iklan PPC yang terpasang di blog tersebut. Penghasilan teman saya yang traffiknya kurang dari 10.000 perhari saja bisa menghasilkan ribuan dollar per bulan dari AdSense. Semoga apa yang saya sampaikan menjadi tips dan motivasi, khususnya untuk saya pribadi, yukur jika Anda..merasa termotivasi.

Updated: 07/06/2012 — 1:40 pm

1 Comment

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme