EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Memulai Bisnis Online dengan Produk Sendiri

By Endang Kusman

Bisnis Online Menjual Produk Sendiri

Tulisan ini saya peruntukan bagi Anda yang pemula dalam menjalankan bisnis online produk sendiri, tetapi sudah terbiasa menjalankan bisnis online memasarkan produk orang lain, sudah memahami dan bisa membuat blog dan website, tetapi belum terfikirkan untuk menjalankan bisnis online dengan produk milik sendiri.

Untuk memulai menjalankan bisnis online produk sendiri, tentunya ada hal-hal perlu diperhatikan untuk dijadikan prioritas. Dalam benak fikiran Anda mungkin akan merasa bingung dalam menentukan produk-produk yang bisa laku dijual melalui internet. Tidak hanya sampai disitu..mungkin Anda juga akan bingung bagaimana cara memilih satu produk dari beberapa produk yang dipastikan akan laris dijual melalui internet.

Berikut ini saya akan berbagi pengalaman sehubungan dengan apa yang telah saya uraika di atas, mudah-mudahan apa yang akan saya sampaikan  diharapkan memberikan gambaran dan solusi untuk menentukan langkah-langkah Anda untuk dapat memulai menjalankan bisnis online  menjual produk hasil karya Anda sendiri.

Menentukan dan memilih produk yang akan dijual

Mungkin dalam tahapan ini Anda akan berfikir 7 keliling bagaimana cara menentukan produk yang bisa dijual di internet. Memang benar.. saya juga dulu begitu, dimana kita harus mampu menciptakan produk yang bisa dijual di internet itu sebaiknya berupa produk yang pengirimannya tidak memerlukan jasa pengiriman seperti TIKI, artinya produk yang akan kita jual itu berupa produk digital yang bisa dikirim dalam bentuk file dengan menggnakan email. Tapi, kalau Anda bisa dan mampu untuk membuat dan menciptakan produk fisik,  juga tidak apa-apa, hanya sebaiknya produk fisik yang benar-benar langka dan jarang ditemukan di toko-toko offline.

Produk digital, contohnya sbb:

  • E-Book : Ilmu pengetahuan, Cerita Anak-anak dan Dewasa, koleksi dongeng dan legenda, internet marketing, blogging, dll. masih banyak;
  • Video Tutorial : Cara cepat belajar bahasa Inggris, Menggambar 3D, Cara Mudah Menggunakan Photoshop, Desain Grafis Correl Draw, Desain Website, Internet Marketing, Blogging, dll. masih banyhak lagi
  • Konsultasi Online : Hukum, Psikologi, Konstruksi Bangunan, dll.ain web, dll.)

Produk Fisik, contohnya sbb:

  • Biji tanaman : buah, bunga, tanaman keras, sayuran;
  • Barang antik : batu perhiasan antik, kerajinan tangan, souvenir hasil ciptaan sendiri;
  • Pakaian : jaket kulit asli, kaos bergambar karya sendiri, dll (yang langka dijual di pasaran).

Untuk menentukan produk yang cocok, hanya Anda yang tau. Biasanya sesuai dengan bakat, kesukaan, atau skill dan keahlian.

Cara memasarkan Produk :

Untuk memasarkan produk, sebaiknya Anda membangun sebuah website “Landing Pages” untuk memajang produk atau sebagai tempat berjualan, yang dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas untuk memudahkan calon pembeli untuk bertransaksi. Misalnya memudahkan kontak, orger, pembayaran, dan komplain. Web Anda harus transparan..dengan alamat yang jelas, telpon dan hp yang mudah dihubungi, pelayanan cepat, sehingga calon pembeli akan menaruh kepercayaan.

Selain membangun website “Landing Pages“,  Anda juga sebaiknya  memiliki blog personal  yang baik, banyak pengunjungnya. Dengan memiliki blog personal, Anda dapat berpromosi produk di blog Anda sendiri. Buatlah artikel-artikel menarik yang kira-kira disukai pembaca, buatlah artikel tips-trik yang banyak dicari pengunjung, dan sesekali buat artikel yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Untuk domain blog personal bisa menggunakan domain terpisah atau sub domain website landing pages.

Apabila Anda bisa membangun website “Landing Pages” dan Blog personal dengan baik dan optimal di mesin pencari, maka Anda akan mendapat pengunjung gratis tanpa promosi yang akan mengalir setiap hari ke  website tempat Anda menjual Produk. Untuk itu Anda harus terus meningkatkan pengetahuan tentang SEO.

Updated: 26/04/2014 — 7:30 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme