EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Memulai Blog Blogspot

Artikel ini saya tujukan khusus bagi blogger pemula seperti saya. Apabila kebetulan Anda blogger senior, saya akan sangat berterima kasih jika Anda berkenan untuk memberikan masukan dan kritik yang membangun jika yang saya tulis ini perlu diperbaiki, hal ini untuk kebaikan teman-teman kita pemula yang ingin mengetahui dan mencoba dunia NGEBLOG di BLOGGER. Baiklah, materi ini akan akan saya lanjutkan.

Blogspot atau Blogger.com adalah salah satu layanan gratis yang disediakan oleh Google kepada pemilik akun Google khusus untuk layanan blog. Siapa saja pemilik akun Google dapat membuat blog di Blogger.Com tanpa dipungut biaya apapun dengan kapasitas penyimpanan yang sangat besar, tanpa batasan bandwidth. Jumlah blog blog yang bisa Anda buat  dalam satu akun,  bisa lebih dari satu, maksimum 100 blog. Cukup banyak bukan? Bagi pemula, Anda cukup membuat satu blog saja dulu sebagai latihan, selanjutnya terserah Anda. Yang terpenting, dengan satu blog juga apabiladikeloda dengan baik, maka Anda akan merasakan manfaatnya. Hal ini akan Anda rasakan suatu kebanggaan tersendiri apabila pengunjung blog Anda sudah besar. Sebagai contoh sebuah blog blogspot milik Dedy Goceng yang jumlah pengunjungnya sudah ribuan bahkan puluhan ribu pengunjung setiap harinya. Lihat blog beliau klik di sini..

Jika Anda memilih ngeblog di Blogger.com, itu merupakan pilihan yang sangat tepat, sebab ngeblog di Blogger.com banyak sekali kelebihan-kelebihan yang kita dapatkan, diantaranya seperti yang sudah saaya sebutkan di atas..yaitu kapasitas penyimpanan yang besar (ukuran GB) dan bandwidth tanpa limit. Selain itu, blog blogspot dapat disisipkan iklan promosi.. artinya blog blogspot bisa digunakan untuk mencari uang tambahan di internet, dan kita tidak dipungut biaya domain dan hosting. Coba, bisa Anda bandingkan nanti jika Anda sudah pintar ngeblog.. kemudian ingin mencoba blog dengan domain dan hosting sendiri. Saya sudah merasakan dan membandingkannya, ternyata memiliki blog di Blogger.com, sangat menguntungkan. Hanya satu kelemahannya, kalau kita menyalahi TOS Google maka akun kita akan ditutup.. dan habislah riwayat blog kita.

Sebelum memulai membuat Blog, Anda sebaiknya terlebih dahulu membuat akun google, atau syukur sudah memiliki akun Google. Saya tidak akan membahas caranya, yang belum tahu silahkan cari tahu terlebih dahulu, misalnya minta tolong teman Anda.

Ada dua cara untuk memulai membuat blog di blogger.com atau blog yang lebih dikenal blogspot, jika Anda sudah memiliki akun google.. cara (1)langsung aja login dan masuk ke menu akun setting, lalu pilih product, lalu pilih blogger. Cara (2) ketik di browser : www.blogger.com, lalu masukan email dan pasword, maka akan muncul tampilan seperti gambar 1. berikut :

klik gambar untuk tampilan besar

Tampilannya seperti itu ada beberapa blog saya yang sudah dibuat, tapi tidak apa-apa. Anda juga nanti bisa membuat blog lebih dari satu, maksimal 100 blog. Biasanya para pebisnis online suka memanfaatkan fasilitas ini. Ikuti langkah-langkah selanjutnya sbb :

1. Klik Get Started, Anda akan dibawa ke tampilan seperti gambar 2 berikut :

klik gambar untuk tampilan besar

2. Lakukan sesuai petunjuk gambar di atas.. dan seterusnya sampai Anda temukan Dasboard seperti pada gambar 3. berikut :

blogger3 menu
klik gambar untuk tampilan besar

3. Dengan petunjuk gambar 3. Anda dapat melanjutkannya sendiri, silahkan dicoba satu persatu menu dasboard untuk setting blog Anda yang baru dibuat.

  • Post : mode untuk pilihan editing postingan (baru atau edit)
  • Pages : membuat halaman statis, seperti about, contact, privacy policy dst.
  • Comments : untuk mengelola komentar yang masuk
  • Stats : untuk melihat statistik pengunjung blog Anda
  • Earnings : untuk mengelola penghasilan blog anda dari google adsense (harus daftar akun adsense sampai disetujui)
  • Layout : untuk mengatur tata letak tampilan blog Anda
  • Template : Untuk mengatur dan memilih template Blog Anda
  • Setting : ini sangat penting, sebab anda bisa mengatur komentar, mengatur tampilan posting, dan seterusnya.

Sampai disini saya pastikan Anda sudah ada sedikit gambaran, dan saat ini Anda sudah memiliki sebuah blog baru di blogspot. Selanjutnya anda tinggal mengelola dengan baik blog Anda tersebut dengan mengisi blog dengan artikel-artikel yang memiliki nilai guna, baik bagi diri Anda maupun bagi orang lain.

Bagaimana mengatur tata letak, menambah meta tags, mengubah template dengan template eksternal yang lebih keren.. So, sampai jumpa dengan materi yang lain. [By : Abah Odang]

Updated: 22/05/2012 — 9:59 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme