EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Menanam Sayuran Di Atap Rumah

Menanam Sayuran Di Atap Rumah – Pemukiman di lingkungan perumahan sederhana dengan ukuran lahan yang pas-pasan untuk bangunan, sehingga sama sekali tidak ada tempat untuk menanam sayuran, maka atap rumahpun bisa dimanfaatkan untuk menanam sayuran dengan menggunakan pot atau talang PVC. Tanaman di atas atap tumbuh dengan subur, sebab mendapat sinar mata hari yang cukup ketimbang ditanam di halaman yang sempit yang kurang mendapat cahaya matahari, sebab terhalang oleh atap dan dinding rumah tetangga. Semua jenis tanaman sayuran cocok ditanam dengan menggunakan pot bunga, bekas talang paralon, atau bekas keleng cat, seperti bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini:

tanaman sayuran di atas atap 1
Gambar 1
tanaman sayuran di atas atap 2
Gambar 2
tanaman sayuran di atas atap 3
Gambar 3

Sayuran yang saya tanam bisa Anda lihat, bawang bakung, cabai rawit, cabai merah, mentimun, dan mentimun, kacang panjang.. yang semuanya tumbuh dengan sangat subur. Untuk lebih jelas posisi tanaman gambar1 dan gambar2, saya perkecil seperti terlihat pada gambar 3. Di depan rumah terlihat pohon sawo yang tidak pernah berhenti berbuah.. sangat menyenangkan.

tanaman buah sawo
Gambar 4

Nah,pada gambar 3 sangat jelas terlihat dimana saya meletakan tanaman sayuran pot. Atap rumah saya bagian depan, pada sisi kanan dan kiri menggunakan talang beton cor selebar 1 meter, dan saya pasang tembok dinding batas tetangga setinggi 1,5 meter, sedangkan pada bagian belakang saya buat ruangan untuk santai. Sebelum ditanami sayuran, biasanya istri saya menjemur pakaian suka di atas genting dan dinding batas,apabila tidak cukup di tempat jemuran.

Nilai sayuran sebenarnya tidak seberapa, tapi bagi saya sangat menyenangkan bisa sebagai obat stress, juga kalau sudah waktunya panen bisa dipetik..lumayan tidak usah memneli sayuran ke warung,  lagi pula sayuran yang saya tanam tidak menggunakan pupuk kimia dan obat insektisida..tapi menggunakan pukup organik dan insektisida alami, artinya sayuran organik. Saya paling suka sayuran kangkung, sebab bisa dipanen setiap minggu.. sampai 6 x panen.. dan istri sayapun sepertinya merasa senang. Silahkan bagi Anda  yang mau mencobanya..sangat menyenengkan!

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme