EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Mengatasi Jamur Kulit Menggunakan Daun Ketepeng

Cara mengatasi jamur kulit secara alami atau tradisional bisa menggunakan daun ketepeng yang bisa kita temukan di sekeliling lingkungan kita. Daun ketepeng merupakan jenis tanaman yang memiliki khasiat untuk mengatasi jamur kulit seperti panu, kurap, kudis, dan gatal-gatal pada kulit. Jamur kulit seperti panu kalau dibiarkan bisa menjalar ke seluruh tubuh.

daun ketepeng obat panu dan penyakit kulit
Daun Ketepeng Obat Penyakit Kulit

Kulit yang kurang perawatan biasanya banyak ditemukan di lingkungan perkampungan di pedesaan, dimana mereka kurang begitu peduli merawat kesehatan kulit karena kegiatan mereka sehari-hari bekerja dari pagi sampai sore. Tapi tidak tertutup kemungkinan penyakit kulit seperti itu terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif dan memiliki sifat kulit yang lembab, sebab jamur kulit menyukai kulit yang memiliki kelembaban tinggi. Bagian tubuh yang biasa diserang jamur kulit biasanya sekitar derah alat vital dan selangkangan, sebab pada daerah tersebut umumnya lembab.

Tanda-tanda penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur terasa gatal ketika badan berkeringat, maka harus waspada ketika merasakan hal tersebut. Inilah cara mengatasi penyakit kulit dengan daun ketepeng:

Ambil daun ketepeng secukupmnya tergantung penyakit kulit yang akan diobati, kalau hanya sedikit (satu tempat cukup ambil 5 atau 10 daun. Caranya, cuci daun ketepeng dengan air bersih, kemudian tumbuk sampai halus dan campur dengan sedikit garam dapur, selanjutnya borehkan ke kulit yang berjamur. Kalau jamur kulitnya jenis panu agat digosokan pelan-pelan. Biarkan daun ketepeng sampai kering menempel di kulit. Pengobbtan sebaiknya dilakukan sore atau malam hari sebelum tidur agar daun ketepeng menempel dikulit selama satu malam, dan pagi-pagi akan hilang ketika kena air waktu mandi. Pengobatan sebaiknya dilakukan minimal 3 x dan biasanya penyakit kulit akan hilang dengan ditandai hilangnya rasa gatal ketika badan berkeringat.

Daun ketepeng biasanya dapat ditemukan di perkampungan. Apabila ingin menanam ketepeng cukup ambil bijinya yang tua dan kering dan langsung ditamam di tanah, atau dapat juga menggunakan polybag ukuran 30 cm dan pot bunga. Pohon ketepeng bisa tumbuh tinggi jika ditanam langsung di tanah, dan tingginya bisa mencapai 2 meter atau lebih.

Itulah cara mengatasi jamur kulit dengan cara tradisional menggunakan daun ketepeng yang banyak kita temukan di sekitar lingkungan kita. Bagi Anda yang kebetulan memerlukan, selamat mencoba!

Updated: 27/12/2014 — 12:38 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme