EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Mengatasi Masalah Fatal error: Allowed Memory di Blog WordPress

Fatal error: Allowed Memory – Setiap saya mau save edit atau tambah posting baru di WordPress Self Hosting selalu error, layar monitor menjadi blank dan muncul pesan : “Fatal error: Allowed memory size of 67108864 bytes exhausted (tried to allocate 3985266 bytes) in /home/desainru/public_html/wp-includes/functions.php on line 291”.

Setelah saya berusaha browsing di Google mencari cara menanganinya, ada ditemukan di beberapa website termasuk di forum WordPress.Org, namun setelah beberapa kali dipraktekan masalah tersebut tetap belum dapat ditangani. Terpaksa blog saya hampir 3 hari tidak dapat diupdate. Dan pengaruhnya traffik menjadi menurun drastis entah kenapa.

Fatal error: Allowed memory size of 67108864

Setelah menemui jalan buntu, saya meminta bantuan ke pihak Web Hosting, dan saya mendapatkan jawaban yang sangat panjang, sebagai berikut:

Sudah kami coba bantu telusuri yang menjadi sumber penyebabnya adalah plugin Broken Link Checker dan All 404 Redirect to Homepage yang mana plugin ini tidak efisien karena seiring waktu menyimpan data yang sangat besar ketika menemukan halaman 404 dan dalam menjalankan scriptnya membutuhkan memory yang otomatis semakin besar juga.
Tadi saya cek pluginnya tidak bisa di nonaktifkan secara otomatis dari halaman plugin, saya coba paksa rename langsung via file manager, dan website kelihatannya sudah berjalan normal kembali saat ini. saya sarankan plugin-plugin tsb jangan bapak aktifkan kembali kedepannya untuk mencegah error tsb, termasuk juga saran untuk website-website bapak yang lainnya.

Permasalahan blanknya web bapak sama dengan permasalahan sebelum sebelumnya, scriptnya membutuhkan memory RAM yang terbilang cukup besar. Umumnya untuk processing script php 32MB sudah mencukupi (default setting dari pengembang php, setting limitnya 32MB). Untuk server kami, kami memberikan keleluasaan lebih dengan men set memory limitnya 2x lipat lebih besar dari defaultnya. yaitu 64MB. Yang artinya setiap processing 1 akses website, script php bisa menggunakan ram sampai dengan 64MB. Namun pada script di account bapak, ada script yang tidak normal sehingga kebutuhannya sampai diatas MB. Setelah saya pelajari, hal ini sifatnya tidak continyu, artinya pada waktu tertentu saja scriptnya membutuhkan RAM besar. setelah saya coba beri limitasi besar websitenya bisa berjalan normal, dan kemudian begitu saya kembalikan lagi ke limit normalnya 64MB, websitenya juga tetap berjalan normal. jadi dugaannya:

– Mungkin ada batch processing tertentu yang ada di mekanisme plugins webnya yang menyebabkan, di waktu waktu tertentu membutuhkan memory besar, misal sehabis bikin post atau tanggal tertentu.
– Mungkin ada plugins / program / themes dll yang sifatnya ada sisipan spywarenya di website bapak, dimana selain berfungsi sebagaimana seharusnya, pengembang pluginsnya menyisipkan code tersembunyi seperti remote execution script, dimana secara remote pengembang script dapat memerintahkan setiap website yang menggunakan plugins tersebut secara remote untuk mengeksekusi suatu task tertentu yang membutuhkan RAM besar, misal proses brute force attack terhadap jaringan lain, proses pengiriman email spam dll.

Untuk saat ini setelah saya naikan limit penggunaan ramnya ke 128MB, kemudian panggil websitenya (tampil normal), dan kemudian kembalikan lagi limit ram nya ke 64MB, websitenya tampil normal. Solusi ini juga sama seperti yang saya lakukan pada permasalahan sebelumnya di account bapak. Untuk solusi permanennya sebaiknya bapak periksa kembali kesamaan plugins2/themes dll yang digunakan di endangkusman.com dan desainrumahsederhana.com, kemungkinan salah satu script plugins/themes tsb yang menjadi penyebabnya. Pastikan juga semua komponen script/plugins/themes dll yang digunakan di kedua web tersebut didapat dari pengembang yang terpercaya, dan tidak ada yang sifatnya nulled script/script bajakan atau sejenisnya yang biasanya memang ada sisipan backdoor yg disisipkan oleh cracker yang mengcrack scriptnya tsb.

Dengan jawaban tersebut saya masih belum menemukan solusi, namun setelah merenungkan  kemungkinan penyebab menurut Webhosting.. muncul ide untuk menginstall ulang script WordPress agar semua komponen menjadi fresh kembali termasuk theme dan pluginnya.

Selanjutnya saya coba install ulang melalui melalui menu WordPress di Cpanel, tapi tidak berhasil, terpaksa harus saya install ulang dengan cara manual, kebetulan saya masih ingat caranya.. waktu belajar di Asian Brain Anne Ahira. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Membuat backup database dengan cara eksport dari menu Tools di dasbor WordPress.
  2. Membuat backup folder WP_content/upload, yang berisi gambar-gambar posting, melalui Cpanel.
  3. Download script WordPress versi terbaru baru langsung dari wordpress.org
  4. Menghapus Semua folder di Public_html, kemudian mengupload scrip WordPress.
  5. Membuat database melalui Cpanel di meny MySql Database
  6. Melakukan edit file config-sample.php dengan megubah DB_NAME, DB_USER, dan DB_PASSWORD, serta merename file dengan membuang kata sample.
  7. Menginstall ulanng WordPress dengan mengetik link http://namadomain/wp-admin/install.php
  8. Login dasboard WordPress dan melakukan seting ulang seperti blog baru, mulai dari pengaturan, permalink, pasang plugin, dll.
  9. Import file database backup tadi, yang nantinya seluruh posting, halaman statis, komentar akan kembali semula. Untuk import gambar saya selalu gagal, dan akhirnya isi folder upload yang saya backup dikembalikan lagi menggunakan file Zilla, atau bisa juga melalui Cpanel.

Dan hasilnya blog menjadi normal kembali, tidak blank dan bisa update blog kembali (edit dan posting) . Script theme lama dan plugin saya ganti baru dengan mengambil langsung dari yang disediakan. Plugin yang saya pasang hanya yang penting-penting saja yaitu SEO Yoast,  WordPress Related Post, dan plugin default yaitu Akismet dan Hello Doly. Theme frointer lama saya ganti dengan theme yang sama langsung add dari theme yang disediakan. Hampir semua blog saya menggunakan theme frointer, alasannya fiturnya banyak dan mudah dimodifikasi.

Dengan pengalaman tersebut, pengetahuan menjadi bertambah. Maka untuk itu bagi Anda yang mengelola sendiri Blog WordPress seharusnya mengetahui cara-cara mengatasi permasalahan. Jangan sembarangan menggunakan plugin, sebab ternyata tidak semua plugin kompatibel dengan theme..sehingga mengganggu script theme atau script wordpress itu sendiri, sehingga menimbulkan error. Error yang terjadi bisa bermacam-macam, bisa error memory, error tidak bisa login dasboard wordpress, dan lain-lain. Maka untuk itu kita harus terus banyak belajar, banyak membaca, sharing pengalaman agar ilmu kita terus bertambah sehingga kita dapat mengelola sendiri blog wordpress kita dengan baik.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme