EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Mengelola Blog Agar Banyak Pengunjung (SEO) Ternyata Tidak Mudah

Mengelola Blog Agar Banyak Pengunjung – Membuat blog sangat mudah, mau bikin blog sehari 10 blog misalnya sangat gampang apa lagi blog gratis sepeti blog SERBIFO ini. Yang menjadi permasalahan bukan membuat blog, tapi untuk membuat dan mengelola blog menjadi banyak pengunjung (SEO), itu yang sulit.

Mengelola Blog Agar Banyak Pengunjung

Menurut para master blog,baik masterblog wordpres maupun blog blogspot syarat utama blog agar banyak pengunjung adalah blog harus “SEO” kalau bahasa mudahnya harus optimal den memiliki ranking di Search Engine seperti Google, Yahoo, Bing dll.

Agar blog menjadi SEO menurut para webmaster banyak sekali persyaratannya kalau saya tulis di sini akan bikin pusing kepala. Beberapa hal yang mempengaruhi SEO atau tidak SEO sebuah blog, diantaranya adalah:

Template Blog

Template blog harus SEO friendly, yaitu memiliki setingan meta tag yang benar, seperti Meta Title, Meta Deskripsi, dan Meta Keyword. Kesalahan dalam mensetting meta tag akan mengakibatkan sebuah blog menjadi rusak (tidak SEO) seperti duplikat deskripsi, duplikat title, dst.

Posting

Posting merupakan isi blog. Tanpa adanya postingan, sebuah blog tidak akan ada pengunjungnya. Semakin banyak artikel yang diposting, maka sebuah blog akan memiliki sejumlah kata kunci yang kemungkinan banyak dicari orang di pencarian Search Engine. Tapi, bukan hanya jumlah (kuantitas), tapi juga mutu dan kualitas postingan sangat penting. Banyak postingan dan berkualitas itulah yang akan banyak mengundang pengunjung. Postingan yang berkualitas adalah postingan yang asli (original) belum dipublikasikan di internet, berisi informasi yang diperlukan oleh pengunjung, bermanfaat, dan dapat menjadi solusi bagi pencari informasi.

Link

Banyak posting dan berkualitas, tidak cukup hanya itu. Postingan tidak akan dikunjungi orang jika blog tersebut tidak memiliki sejumlah link-link tertentu yang mendukung SEO. Link yang dimaksud adalah : link ke dalam, link dari luar, dan link keluar. Link ke dalam adalah link dari halaman blog ngelink ke halaman terkait lainnya masih di dalam blog tersebut. Link dari luar adalah link yang datang dari luar blog tersebut, baik ngelink ke home page atau ke halaman tertentu. Link keluar adalah link dari blog tersebut ke blog lain yang dianggap relevan. Jumlah link dari luar harus ngelink ke home page dengan persentase sekitar 80%, lainnya (20%) ke halaman posting. Link dari luar istilah trend-nya disebut backlink, yang sering dibicarakan para blogger. Semakin banyak jumlah backlink, maka blog akan memiliki ranking di Search Engine (SEO), dan akan mendapat mendapat limpahan pengunjung dari Search Engine, khususnya Google.

Tiga hal di atas merupakan faktor yang sangat penting dalam mengelola blog untuk membuat sebuah blog menjadi SEO friendly dan banyak pengunjung. Ketiga hal diatas sangat berkaitan erat antara yang satu dengan lainnya, artinya untuk sebuah blog agar menjadi banyak pengunjung (SEO), template blog harus bagus dan dengan setting meta tag yang benar, harus banyak postingan yang original dan berkualitas, dan terakhir jumlah dan jenis link harus dengan proporsi tertentu. Tapi link yang harus paling banyak adalah link dari luar (backlink).

Jadi ternyata mengelola blog agar banyak pengunjung bukan hal yang mudah. Mudah mengucapkannya, tapi sulit melaksanakannya, seperti saya ini jadinya, tau caranya.. tapi malas mengerjakannya.. makanya pantas saja blog SERBIFO tidak punya ranking di SE dan sedikit pengunjungnya hehe…!

Updated: 03/11/2014 — 9:00 pm

2 Comments

  1. sebagai tambahan perlu blog walking juga gan, biar dapat kunjungan balik dari yang punya blog. terima kasih telah berbagi tipsnya. salam sahabat blogger.

  2. keren gan , sy baru on blog usianya baru 2 bulan ciriseo.blogspot.com sangat mermbantu untuk blog sy yg masih muda

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme