EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Mengenal Nama-nama Pekerjaan Bangunan Rumah Tinggal

Nama-nama Pekerjaan Bangunan – Halo teman, pada posting kali saya ini akan berbagi tentang mengenal nama-nama pekerjaaan dalam bangunan rumah tinggal. Walaupun teman-teman bukan orang yanag mengeluti pekerjaaan bangunan, saya kira tidak ada salahnya jika mengetahui tentang hal tersebut, sebab pada suatu saat apa yang saya sampaikan akan ada maanfaatnya nanti ketika teman-teman akan membangun atau memperbaiki rumah.

nama pekerjaan bangunan rumah tinggal

Dengan mengetahui nama-nama pekerjaan dalam bangunan rumah, maka nanti pada saat akan membangun rumah paling tidak teman-teman dapat berceritera dengan tukang bangunan yang dipekerjakan dan dapat bertukar pikiran, dan para kekerja bangunan akan menilai bahwa teman mengerti tentang bangunan, sehingga mereka minimal tidak akan mempermainkan pekerjaaan mereka.Nama-nama pekerjaan bangunan mulai dari awal, sebagai berikut:

Pekerjaan persiapan

Pekerjaan persiapan meliputi pekerjaan pembersihan lokasi, pemasangan bouwplank, pembuatan gudang tempat material, dan para pekerja bangunan apabila ukuran proyek bangunan rumah cukup besar.

Pekerjaan galian pondasi

Adalah pekerjaan menggali tanah untuk pemasangan pondasi.Ukuran galian pondasi harus sesuai dengan ukuran yang ditentukan dalam gambar.

Pekerjaan pondasi

Pondasi yang biasa digunakan untuk rumah tinggal adalah pondasi batu kali atau batu belah, dan pondasi plat beton atau dikenal pondasi cakar ayam, apabila bangunan rumah 2 lantai.

Pekerjaan beton

Pekerjaan beton meliputi pekerjaan beton sloof, beton kolom, ring balok, tangga beton (rumah 2 lantai), dan plat lantai (atap, atau plat rumah 2 lantai).

Pekerjaan dinding

Pekerjaan dinding adalah pekerjaan membuat dinding tembok. Pasangan tembok dinding dipasang di atas beton sloof, dan dijepit oleh tiang kolom dan ring balok beton. Bahan dinding bermacam-macam seperti bata mereh, batako beton, bata ringan (hebel), dan batako putih (tras).

Pekerjaan plafon

Pekerjaan plafon atau langit-langit terdiri dari pekerjaan rangka plapond, dan pekerjaan tutup plafon. Bahan untuk rangka plafon bisa menggunakan kayu atau bahan metal seperti hollow. Sedangkan tutup plafon bermacam-macam jenis, seperti eternit asbes, GRC, triplek, gypsum, akustik, dll.

Pekerjaan atap

Pekerjaan atap terdiri dari pekerjaan rangka atap dan pekerjaan penutup atap. Rangka atap bisa menggunakan kayu atau bahan lain seperti nbaja ringan. Sedangkan tutup atap bisa menggunakan genting beton, genting bakar, sirap, dan genting keramik.

Pekerjaan Lantai

Pekerjaan lantai mulai dari pengurugan dan perataan tanah, lantai kerja, dan penurup lantai. Penutup lantai bisa menggunakan acian semen, ubin semen, ubin teraso, ubin keramik, ubin granit, dan ubin marmer.

Pekerjaan instalasi

Pekerjaan instalasi terdiri dari pekerjaan instalasi listrik dan instalasi air. Pekerjaan instalasi air terdiri dari instalasi air bersih dan instalasi air limbah dan air hujan. Pekerjaan istalasi listrik meliputi pemasangan jaringan kabel, titik lampu, dan stop kontak.

Pekerjaan sanitasi

Terdiri dari pekerjaan septik tank, dan pemasangan kloset duduk atau kloset jongkok.

Pekerjaan finishing

Terdiri dari pekerjaan pengecatan kayu dan pengecatan tembok bagian dalam dan luar bangunan, membuatan pagar halaman, taman dll.

Itulah nama-nama pekerjaan dalam bangunan rumah tinggal yang pada suatu saat akan ada manfaatnya buat teman-teman.

Updated: 21/01/2015 — 9:57 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme