EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Menghitung Anggaran Biaya Bangunan (Rab) Rumah

Sebelum seseorang akan membangun sebuah rumah tinggal, baik bangunan rumah sederhana maupun mewah pasti sebelumnya telah dihitung kebutuhan biayanya. Apabila sebuah bangunan rumah yang akan dibangun oleh pihak pemborong jasa konstruksi, maka penghitungan Rab Rumah akan dilakukan secara profesional oleh konsultan jasa konstruksi. Tetapi, hal tersebut biasanya tidak dilakukan oleh masyarakat yang anggaran biaya bangunannya pas-pasan, biasanya mereka melakukan penghitungan secara kasar per-M2.
[Gambar ] : Menghitung Anggaran Biaya Bangunan (Rab) Rumah

Masarakat awam yang hanya mempunyai biaya pas-pasan ketika berniat akan membangun sebuah rumah, cukup menanyakan kepada tukang bangunan berapa biaya per meter persegi. Misalkan biaya per-M2 = 2 juta rupiah, maka tinggal menghitung luas dengan dikalikan 2 juta rupiah. Jika seandainya uang yang tersedia dianggap mencukupi berdasarkan estimasi kasar tersebut, maka pemilik rumah akan memulai membangun.. biasanya dengan cara pembayaran harian.

Lain halnya dengan masyarakat yang mengerti persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah bangunan rumah, maka golongan mesyakat tersebut ketika akan membangun rumah akan meminta bantuan seorang konsultan jasa konstruksi untuk merencanakannnya. Yang akan dilakukan oleh seorang konsyltan jasa konstruksi adalah : mengukur lokasi, menggambar bangunan rumah, dan menghitun biayanya. Produk yang dihasilkan oleh konsulyan jasa konstruksi tersebut adalah produk perencanaan bangunan rumah tinggal, yang didalamnya ada hitungan Anggaran Biaya Bangunan (Rab). Proses selanjutnya pemilik rumah akan mengundang beberapa kontraktor jasa konstruksi untuk melakukan penawaran. Dari bererapa pengajuan tersebut dengan bantuan konsultan akan terpilih kontraktor yang memenuhi persyaratan dan layak serta akan mampu untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Cara menghitung sendiri biaya membangun rumah gunakan saja alat bantu menghitung RAB rumah, yaitu Software RAB sederhana menggunakan file Excel yang siap pakai dan menggunakannya sangat mudah bagi yang sudah terbiasa menggunakan MS-Excel. Dapatkan alatnya di sini..dengan harga terjangkau, masih lebih mahal harga satu zak semen.

Updated: 26/06/2012 — 2:22 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme