EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Menjual Produk Lewat Internet

Cara Menjual Barang atau Jasa Lewat Internet


Cara menjual produk lewat internet pada dasarnya sama halnya dengan cara menjual secara konvensional. Saya coba berikan sebuah  contoh : Misalkan anda seorang arsitek atau perencana bangunan ingin menjual produk perencanaan melalui internet. Produk perencanaan yang akan anda jual dikemas dalam bentuk  paket-paket perencanaan rumah tinggal berbagai type. Setiap paket diberi tarif harga masing-masing, dan setiap paket terdiri dari gambar teknis dalam bentuk file autocard, RAB dalam bentuktuk file exel , dan gambar 3 Dimesi dalam bentuk file JPG.

Agar anda bisa menjual paket-paket tersebut, maka anda harus memiliki website. Bisa berupa blog (website dinamis) atau bisa dengan menggunakan website bisas (statis). Langkah-langkah yang harus anda lakukan sbb :

Melakukan riset pasar

Dengan bantuan google adword keyword tools anda bisa melakukan riset pasar. Gunakan keyword yang berhubungan dengan produk dimaksud untuk mencari pasar. Tentukan bahasa dan lokasi pasar, misalnya bahasa Indonesia dan lokasi Negara Indonesia. Jika pencarinya banyak, misalkan lebih dari 1000 per hari, maka produk anda pasarnya bagus.

Mencari Pesaing

Untuk mencari pesaing anda bisa menggunakan fasilitas google search. Ketik kata kunci seperti pada google adword dengan menggunakan tanda ” “. contoh “gambar rumah”. Angka yang muncul menunjukan jumlah pesaing yang harus anda kalahkan.

Mencari dan menentukan keyword-keyword untuk artikel

Agar blog anda sesuai dengan produk yang anda jual, maka anda harus memilih keyword-keyword yang sesuai.  Caranya dengan menggunakan google adword.

Menentukan nama domain situs

Ambil salah satu keyword yang telah anda pilih untuk nama domain situs anda. Misalnya : gambarrumah.com, jualgambar.com dll.

Memesan/mendaftar domain dan hosting

Memesan domain dan hosting sebaiknya anda lakukan satu paket agar tidak ribet.  Pilih nama domain yang masih tersedia. Jika domain .com tidak tersedia, maka bisa anda ganti dengan .org, .net, .biz dll.

Install website/blog.

Jika anda akan menggunakan blog wordpress, anda tinggal login ke cpanel hosting anda, wordpress tinggal anda install  dengan menggunakan menu Pantatisco de luxe. Jika akan menggunakan website statis, tentu saja anda harus membuat dulu website html dengan menggunakan dream weafer atau prontpage dan menginstallnya menggunakan FTP (File Transfer Protocol).

Promosi dan Optimalisasi Blog/Website

Setelah blog anda diinsatall dan diisi beberapa artikel maka yang harus anda lakukan adalah kegiatan promosi dan optimalisasi blog/website anda. Keberhasilan bisnis anda sangat ditentukan pada bagian ini.

Jika anda belum mengetahui cara-caranya atau masih awam, maka anda terlebih dahulu harus mempelajari ilmu pengetahuan internet matketing. Setelah anda mengetahui ilmu internet marketing, maka anda akan mengetahui cara-cara menjual apa saja di internet termasuk cara menjual contoh produk yang telah saya uraikan di atas.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme