EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Menulis Komentar Blog yang Baik dan Berbobot

Menulis Komentar Blog – Sebagai blogger yang baik ketika memberikan komentar di blog orang lain tentunya harus dengan cara-cara yang baik dan benar. Ketika seorang blogger melakukan blogwalking mengunjungi blog orang lain menyimak dan membaca posting baru, maka seyogianya dalam memberikan komentar dengan memberikan masukan atau perbaikan-perbaikan jika menemukan hal yang perlu diluruskan.

Kebanyakan para blogger dalam melakukan blogwalking tujuannya hanya semata-mata mencari backlink, hanya untuk kepentingan sendiri sehingga mengabaikan kaidah-kaidah cara berkomentar yang baik. Komentar yang tidak bermutu, komentar yang singkat hanya formalitas. Itu sebenarnya kebiasaan yang sangat keliru. Komentar yang baik minimal panjang tulisan satu paragraph dan berisi pertanyaan yang berkaitan dengan topik artikel yang telah dibaca, yang lebih baik dengan menyisipkan kata kunci yang dibahas penulis. Dengan begitu komentar kita menjadi berbobot baik dilihat dari sisi pembaca yang lain maupun dari sisi SEO. Anda akan muncul dalam pencarian di google atau SE lainnya jika komentar Anda berbobot, sebab komentar juga sebenarnya termasuk konten.

Komentar blog yang baik dan berbobot itu seperti apa? Baiklah teman-teman, saya punya sedikit pengalaman tentang hal tersebut. Saya sering mengikuti rapat-rapat,  seminar dan diskusi.  Di setiap forum rapat pasti ada diskusi,  dimana peserta rapat diberikan kesempatan untuk memberikan masukan-masukan yang berkaitan dengan pembahasan yang telah di paparkan.  Masukan-masukan tersebut tentunya harus berkaitan dengan apa yang telah dipaparkan tadi, kalau tidak maka tidak akan mendapat respon yang baik dari peserta rapat lainnya. Masukan yang baik dan berbobot adalah masukan yang dapat memberi arti, mengoreksi dan menyempurnakan kekurangan apa yang telah di bahas.

Begitu pula sebuah komentar suatu tulisan, artikel,  berita, foto atau apa saja yang diposting dalam blog, website, atau media online lainnya, tentunya harus baik dan berbobot, sehingga nantinya penulis akan dapat menyempurnakan atau memperbaiki kembali kekurangan pada postingannya. Komentar boleh pedas, jika artikel tersebut memang harus dikomentari secara pedas. Contoh, misalnya artikel yang ditulis seseorang  maknanya menyinggung atau mengandung unsur sara atau pelecehan, maka postingan seperti itu bisa dikomentari secara pedas. Apabila ada salah ketik atau tanda baca, alangkah senangnya jika komentator memberitahukan hal itu.

Seseorang tidak akan sakit hati dikomentari seperti apapun sepanjang berkaitan dan demi penyempurnaan tulisannya. Komentar yang tidak berkaitan dan tidak memberikan sesuatu makna bagi penyempurnaan suatu postingan,  apalagi mengandung unsur ejekan, pelecehan atau hal-hal lain yang negatif,  maka komentar seperti itu bisa dikategorikan komentar spam atau komentar yang tidak diinginkan, dan sebaiknya dihapus.

Komentar yang tidak berkaitan dan tidak memberikan sesuatu makna bagi penyempurnaan suatu postingan,  apalagi mengandung unsur ejekan, pelecehan atau hal-hal lain yang negatif,  maka komentar seperti itu bisa dikategorikan komentar spam atau komentar yang tidak diinginkan, dan sebaiknya dihapus. Komentar yang baik dan berbobot merupakan konten anda yang ditulis di blog orang lain yang nantinya akan menadatangkan traffik untuk  blog anda.  Jika komentar anda bagus,  akan terindex oleh mesin pencari  sebagai keyword pencarian  yang merujuk ke website dimana anda berkomentar. Selanjutnya orang akan mencari nama anda dan akan berkunjung ke blog anda. Begitulah teman-teman, semoga ada manfaatnya.

Updated: 01/01/2011 — 10:15 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme