EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Menumbuhkan Tekad dan Semangat Juang untuk Mengarungi Kehidupan

Oleh : Endang Kusmana

Dalam mengarungi kehidupan ini, rasanya setiap orang pasti punya mimpi-mimpi atau suatu keinginan untuk dapat hidup bahagia, hidup layak,  anak-anak bisa kuliah, cukup sandang, memiliki rumah yang layak sebagai tempat tinggal, memiliki kendaraan, dan sebagainya. Semua mimpi-mimpi tersebut akan dapat terwujud jika yang bersangkutan  memiliki semangat juang  yang tinggi untuk mau berusaha dan berjuang sesuai atau setara dengan apa yang diinginkannya.

Sejak masa anak-anak impian itu sebenarnya sudah ada walaupun hanya  sekedar ikut-ikutan, misalnya ingin menjadi dokter, ingin menjadi bupati, ingin menjadi polisi, tentara dsb.
Dalam fase ini peranan orang tua sangat menentukan untuk mendorong dan memberi motivasi kepada putra putrinya  agar  kelak mereka menjadi generasi penerus yang berguna serta jauh lebih baik daripada orang tuanya. Dalam fase inilah seorang anak manusia akan mendapat modal dasar untuk bekal nanti ketika mereka terjun ke dalam kehidupan baru tanpa bimbingan orang tua.

Orang tua memiliki amanah dan tanggung jawab yang berat untuk mendidik dan membesarkan anak anak sebagai titipan dari Allah SWT. Gambaran kehidupan anak-anak di masa depan ada pada pundak kedua orang tuanya. Semua itu harus diperjuangkan dan diupayakan semaksimal mungkin dan jangan menyerah pada keadaan atau nasib.

Bagi yang sudah terlanjur, dengan alasan tidak mendapat bekal pendidikan yang cukup karena keadaan dan kondisi orang tuanya dulu yang tidak memungkinkan untuk membekali pendidikan yang memadai, itu tidak bisa dijadikan alasan jika kita ingin merubah kehidupan anak-anak kita nanti supaya mereka tidak seperti keadaan orang tuanya. Jika kita fesimis karena hanya melihat dari sisi pendidikan, tidak sedikit orang yang tidak mengenyam pendidikan tinggi pun bisa menjadi pengusaha, sukses dalam bidang usaha tertentu. Coba tengok ke luar sana, tidak sedikit pula orang yang memiliki pendidikan tinggi menganggur karena putus asa dan menyerah kepada nasib. Jadi, semua itu tergantung pada tekad dan kemauan masing-masing.

Tekad, kemauan, niat, semangat juang, kreatifitas, mau bekerja keras, percaya diri, tidak mudah menyerah dan putus asa itulah yang harus dimiliki, jika ingin sukses di bidang apapun. Sebagai contoh: Ada seorang pedagang Sate Ayam Madura keliling namanya si A. Dia bekerja pada Bossnya yang sama-sama orang Madura juga. Karena si A memiliki kemauan kuat, kreatif  dll, dalam beberapa tahun kemudian si A sudah tidak lagi bekerja pada Bossnya, tapi dia sudah menjadi Boss Baru dan tidak kalah dengan mantan Bossnya. Seperti itulah gambarannya dalam kehidupan, tanpa kemauan dan kerja keras, seseorang tidak akan pernah bisa mewujudkan impiannya.

Masih ada contoh lain, seorang PNS dengan start pendidikan rendah bisa menjadi pejabat eselon II karena tekad dan kemauannya. Termasuk saya juga begitu, pertama masuk PNS dengan bekal pendidikan STM Bangunan. Dengan ilmu bangunan yang saya dapatkan di bangku STM,  saya bisa menciptakan sumber penghasilan tambahan di luar PNS. Dari penghasilan tersebut, alhamdulillah saya bisa membiayai kuliah sampai lulus mendapat ijazah S1.  Dengan jerih payah yang saya jalankan, Alhamdulillah posisi saya sebagai PNS juga berubah, dan kehidupan saya pun berubah, sehingga anak-anak bisa saya bekali dengan pendidikan yang lebih dari yang dulu pernah saya dapatkan dari kedua orang tua saya. Seandainya saya tidak memiliki kemauan keras dan percaya diri, maka boleh jadi kehidupan saya mungkin tidak jauh berbeda dengan puluhan teman saya yang lain. Puji Syukur Alhamdulillah selalu saya panjatkan, dengan ridha dan karunia Allah SWT saya diberikan kekuatan dan karunia untuk menjalani amanahNYA.

Jika kondisi dan sekarang, banyak pengangguran, dan diantaranya ada anda didalamnya. Apakah anda harus menyerah dengan keadaan seperti itu ? Apakah memang harus selalu mendapat pekerjaan yang sesuai pendidikan ? Apakah tidak bisa menciptakan usaha kecil dengan modal kecil ? Disitulah anda diuji seberapa besar tekad dan kemauan anda untuk mengubah keadaan demi masa depan kehidupan anda, nasib anak dan istri anda di masa depan semuanya ada dipundak anda, dan jangan pernah salahkan orang tua. Untuk hal seperti itu pun saya mengajarkan kepada kedua anak saya untuk dapat mencari pekerjaan apa saja dengan tidak pilih-pilih sesuai ilmu yang didapat. Mereka menurut dan Alhamdullilah mereka  sekarang enjoy dengan pekerjaan yang mereka dapatkan.

Tekad, semangat juang yang tinggi perlu dimiliki.. jangan pernah menyerah pada keadaan. “Bersaing” dan harus selalu mampu “bersaing” dengan orang lain jika menginginkan impian menjadi kenyataan, percaya diri dan jangan pernah menyerah kalah sebelum berperang.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme