EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Menyembunyikan Komentar Halaman Statis Blog WordPress

Menyembunyikan Komentar Halaman Statis Blog WordPress – Blog yang tidak membeberikan kesempatan untuk komentar, saran, masukan dan lain-lain kepada para pengunjungnya sama saja dengan mengubah fungsi blog yang sesungguhnya. Blog adalah sebuah website dinamis sebab pada sebuah blog ada fasilitas yang bisa membangun komunikasi yang baik antara admin blog yang bersangkutan dengan pengunjung, atau atara pengunjung dengan pengunjung, yaitu fasilitas komentar. Jadi fasilitas komentar merupakan ciri dinamisnya sebuah blog.

menyembunyikan komentar halaman blog

Dalam blog dikenal dengan yang disebut halaman dinamis dan halaman statis atau halaman static. Konten blog dapat disimpan pada 2 jenis halaman tersebut. Yang disebut halaman dinamis adalah halaman tempat kita menyimpan posting berupa artikel, gambar, atau video. Pada halaman dinams tersebut dilengkapi dengan fasilitas komentar, dimana para pengunjung blog dapat berkomunikasi dengan admin atau sesama pengunjung untuk memberikan respon terhadap konten yang ada pada halaman tersebut. Apabila fasilitas komentar dimatikan, maka halaman tersebut berubah menjadi halaman statis.

Pada halaman statis, juga dilengkapi fasilitas komentar, padahal sebenarnya pada halaman statis tidak perlu ada fasilitas komentar, sebab semua posting konten utama selalu di halaman dinamis. Halaman statis biasanya digunakan untuk menyimpan data kontak, privacy, atau tentang blog atau admin. Jadi menurut saya tidak perlu menghidupkan kotak komentar pada halaman statis.

Untuk mematikan fasilitas komentar pada halaman statis adalah dengan cara menyembunyikan kotak komentar. Pada blog di blogspot cara mematikan kotak komentar terdapat pada mode edit artikel posting bagian kanan bawah, kita tinggal centang saja kotak untuk menonaktifkan komentar. Sedangkan pada mode edit artikel posting di blog wordpress tidak ada, tapi adanya pada tempat lain yaitu pada list semua posting halaman statis.

Untuk menyembunyikan kotak komentar pada halaman statis caranya sangat mudah, sbb:

  1. Login Wordpres, dan masuk ke dasbor.
  2. Cari menu Laman (Pages) ada submenu : Semua Laman dan Tambah Baru ==> Pilih Semua Laman
  3. Setelah tampil semua judul Laman dibawah setiap judul laman ada menu pilihan : Sunting, Sunting Cepat, Tong Sampah, dan Tampil ==> Pilih Sunting Cepat.
  4. Akan terbuka kotak munculan dari Sunting Cepat, lalu pada bagian kanan cari dan hapus centang “Ijinkan Komentar” kemudian klik Perbaharui.
  5. Lakukan terhadap halaman yang tidak Anda inginkan adanya kotak komentar.
  6. Selesai, silahkan buka halaman, dan kotak komentar sudah tidak terlihat.

cara menyembunyikan komentar halaman blog

Itulah cara menyembunyikan kotak komentar pada halaman statis atau halaman static pada blog WordPress sangat mudah, tapi jika belum tahu caranya, bisa pusing 7 keliling, dan itu saya alami sendirid, waktu itu saya mendapatkannya di forum wordpress.org. Sampai jumpa dengan postingan berikutnya.

Baca juga artikel : Cara Edit Gambar untuk Posting Blog

2 Comments

  1. keren pak infonya 🙂 halaman statis memang gak boleh ada komentarnya ya pak, masa about me, privacy policy, disclaimer dkk mau dikomentari hehehe 😀

    oya, selamat ya pak atas kembalinya blog kesayangan ini, semoga lembaran baru ini membawa kesuksesan selamanya, amin 🙂

    1. ya mbak indri.. dulu saya waktu masih belajar, bingung sekali untuk menghilangkan kotak komentar di halaman privacy..brosing kesana kemari, dapetnya di forum wp.org padahal ternyata ada di depan mata hehe.. salam blogger!

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme