EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Merawat Bunga Adenium agar Berbunga Lebat

Hampir semua orang menyukai tanaman sebagai penghias taman dalam atau taman luar di rumah. Tanaman bunga merupakan tanaman yang paling banyak dipelihara di pekarangan rumah selain tanaman lainnya seperti tanaman obat, sayuran, dll. Tanpa ada tanaman, suasana rumah  akan terasa gersang.

Salah satu tanaman bunga yang disukai orang adalah bungan Adenium. Bunga jenis ini sangat indah ketika berbunga. Ketika bunga Adenium berbunga, maka bunga tampak sangat dominan..bahkan dari kejauhan daunnya hampir tidak kelihatan.

Bunga Adenium kalau dibiarkan dan tidak dirawat dan diberi pupuk, maka bentuk pohon tidak bagus dan bunganya pun akan jarang..sebab kekurangan unsur hara.

Cara merawat bunga Adenium agar cepat berbunga dan berbunga lebat, diantaranya sebagai berikut :

  • Ganti media tanam pot setiap tahun dengan menggunakan campuran kompos, pasir, arang skam : 1:1:1;
  • Bersihkan akar-akar yang busuk, dan kurangi akar yang berlebihan dengan memotongnya menggunakan pisau yang bersih dan tajam;
  • Pangkas ranting-ranting menggunakan pisau yang tajam atau cutter agar bentuk pohon menjadi bagus;
  • Buang semua daun, jangan sampai tersisa;
  • Berikan pupuk NPK mutiara yang dicairkan dengan dosis : 1 sendok makan untuk 12 liter air (kurang lebih1 ember air), dan siram dengan larutan tersebut secara rutin 1 x dalam seminggu;

Setelah dilakukan pemangkasan dan pembuangan daun, setelah 2 minggu akan tumbuh tunas-tunas baru pada ujung ranting yang dipotong. Tunas yang tumbuh bisa 2 atau lebih. Apabila rajin melakukan pemangkasan maka bentuk pohon dan ranting akan semakin bagus. Setelah tunas baru panjangnya kurang lebih 5 cm, maka bunga Adenium akan bermunculan.

Updated: 10/09/2013 — 8:14 am

1 Comment

  1. bagaimanay cara agar tanaman Bunga Adenium bisa dibikin tanaman bonsai

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme