EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Model Figur Pemimpin Bangsa seperti Apa yang didambakan Masyarakat?

Pemimpin bangsa harus memiliki karisma. pemimpin yang memiliki karisma akan disegani dan dihormati oleh seluruh rakyat. Model figur pemimpin bangsa seperti apa yang didambakan masyarakat Indonesia? Jawabannya bisa panjang dan bisa pendek tergantung dari sisi mana kita melihatnnya. Tentu saja pemimpin yang selalu kita dambakan adalah pemimpin yang menyayangi dan selalu memperhatikan rakyatnya, bukan pemimpin yang hanya memikirkan kepentingan sendiri dan kelompoknya.

Sebentar lagi seluruh masyarakat Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi untuk menentukan pilihan pemimpin bangsa pada pilpres bulan Juli untuk periode lima tahun ke depan. Kampanye damai yang dilaksanakan oleh para kandidat pasangan capres dan cawapres tampaknya aman dan damai,  kalau ditemukan ada sedikit yang merasa disudutkan, itu biasa dan lumrah namanya kampanye ibarat iklan… senggolan dikit mah itung-itung pemanasan. Tentunya kita semua sebagai masyarakat dan sebagai warga negara  sudah punya angan-angan dan pilihan satu dari tiga pasangan kandidat yang dianggap bakal mampu memegang kendali dan menjalankan roda pemerintahan Republik Indonesia lima tahun ke depan.

Untuk memegang kendali dan roda pemerintahan negara kita yang sangat besar dan luas dengan komposisi masyarakat yang multi suku dan ras, budaya, agama dan kepercayaan,  diperlukan seorang figur pemimpin besar yang mumpuni. Kharisma dan kewibawaan merupakan syarat utama yang harus dimiliki oleh seorang tokoh dan pemimpin bangsa. Kecerdasan intelektual dan emosional juga mutlak harus sangat melekat pada diri seorang pemimpin besar, dimana seorang pemimpin harus pintar dan pandai mengatur strategi akan dibawa kemana… dan mampukah membawa penumpang kapal besar yang ditunggangi lebih 200 juta jiwa ini sampai tujuan yang direncanakan ? Bila seorang pemimpin besar tidak memiliki kecerdasan emosional, maka ketika sedang mengendalikan kapal besar ini, kemudian diperjalanan menemui kendala dan permasalahan, maka bisa jadi keputusan yang salah yang diambil sehingga menghambat laju perjalanan kapal besar ini terlambat bahkan berhenti tidak sampai tujuan. Masih banyak lagi kriteria yang harus melekat dalam diri seorang pemimpin bangsa, seperti kejujuran, disiplin, adil, bijaksana, tegas dll.

Kita sebagai rakyat tentunya, siapapun yang menjadi pemimpin bangsa lima tahun kedepan, hanya berharap mudah-mudahan mereka memiliki kriteria seperti yang disebutkan tadi. Banyak sekali pekerjaan rumah (PR) yang harus dilanjutkan oleh pemerintahan baru nanti. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi merupakan faktor utama dimana faktor ekonomi merupakan sentral energi pemicu pertumbuhan dan peningkatan di sektor dan bidang lainnya seperti menurunkan angka pengangguran dengan terciptanya lapangan kerja, menumbuhkan ekonomi rakyat pedesaan dll.

Pendapatan perkapita merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi makro. Sebenarnya tolok ukur ini akan menjadi bias ketika jurang pemisah  penghasilan masyarakat menengah ke atas dengan pengghasilan masyarakat miskin semakin lebar, dimana mayoritas jumlah masyarakat miskin adalah sangat besar dan tersebar  di seluruh wilayah Indonesia baik di perkotaan maupun di pedesaan, sedangkan jumlah masyarakat menengah ke atas mayoritas di perkotaan. Jadi ukuran pertumbuhan ekonomi dalam konteks pendapatan perkapita hanya bisa kita lihat dalam skala makro, tetapi jika kita teropong secara mikro maka realitanya termanipulasi, karena pendapatan perkapita si miskin  disubsidi  oleh sikaya. Mudah-mudahan pemerintahan periode mendatang yang dikendalikan oleh nakoda yang  yang sama-sama kita pilih bersama nanti bulan Juli 2009,  mampu dan dapat mempersempit jurang pemisah tersebut dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang difokuskan untuk memperbaiki penghasilan masyarakat miskin.

Updated: 10/06/2009 — 6:00 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme