EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Para Pebisnis Online Sukses Bemula dari Ngeblog

http://www.om-kusman.com/2014/07/para-pebisnis-online-sukses-bemula-dari-ngeblog.html

Kalau berbicara “bisnis online” sebagian orang banyak yang kurang menyukainya. Ada yang merasa trauma karena kegagalan yang dialami, ada yang pernah tertipu oleh oknum pebisnis online lantaran penipuan membeli produk online, dan banyak lagi penyebabnya.

Tetapi sebenarnya mereka bukan tidak ingin memperoleh penghasilan dari bisnis online, melainkan dalam pelaksanaannya tidaklah mudah untuk menjalankan bisnis online hanya sekedar ikut-ikutan tanpa membekali diri untuk bagaimana cara agar sukses menjalankan bisnis online.

Dalam hal ini saya mengalami sendiri selama bertahun-tahun, yang diawali secara ikut-ikutan menjalankan bisnis online program affiliate yang ditawarkan teman. Waktu itu saya disarankan cukup mempromosikan link affiliate di situs iklan baris atau jejaring sosial akan mendapatkan penghasilan berupa komisi yang sangat menarik sekitar 60% x harga produk. Apa yang saya dapatkan? Nihil tidak mendapat apa-apa, hanya cape berpromosi, baik promosi gratis maupun promosi berbayar.

Tetapi dibalik kegagalan tersebut saya mendapat pelajaran yang sangat berharga, yaitu bahwa agar sukses bisnis bisnis online kita harus memiliki website atau blog.

Selanjutnya saya mencoba membuat blog di layanan blog gratis wordpress.com. Pada waktu itu jejaring sosial Facebook belum ngetop, yang ngetop waktu itu adalah Twitter. Waktu itu ngeblog cukup ramai, sehingga blog saya mencapai PR 4. Selama ngeblog saya banyak mendapat ilmu dari teman-teman blogging termasuk cara berbisnis online, dan ada salah satu teman online menyarankan agar saya mengikuti kursus internet marketing Asian Brain milik Ane Ahira sekaligus guru bisnis online.

Hampir 2 tahun saya mengikuti bisnis online bersama Anne Ahira, bersama Anne Ahira saya mendapat pelajaran membuat blog dan website secara lebih mendalam, sebab menurut beliau bahwa blog atau web merupakan sarana paling penting untuk menjalankan bisnis online. Web/blog yang harus dimiliki harus yang berbayar.

Ternyata benar, setelah saya lebih memahami blogging, mulai membuat, mempromosikan, dan mengelola blog.. mulailah beberapa blog/web saya menghasilkan uang baik dari program affiliate maupun dari google Adsense. Ternyata kebanyakan para pebisnis online sukses bermula dari ngeblog atau blogging.

Sampai sekarang saya terus menjalankan bisnis online, dan sudah punya bisnis online sendiri dengan produk yang  saya buat dan saya pasarkan sendiri tanpa meminta bantuan orang lain. Dengan menggunakan sarana website/blog berbayar saya bisa memperoleh uang hampir setiap hari dari bisnis online.

Updated: 07/07/2014 — 11:17 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme