EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Pasca Pilpres 9 Juli 2014

Jokowi-JK, Prabowo-Hatta

Pilpres 9 Juli 2014 telah berlalu dan berjalan dengan aman tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pilpres yang baru saja usai merupakan Pilres ke 3 yang langsung dilakukan oleh rakyat sebagai perwujudan demokrasi. Calon Presiden yang terpilih pada Pilpres kali ini merupakan Presiden ke 2 yang langsung dipilih oleh rakyat setelah Presiden SBY yang masa jabatannya akan segera berakhir selama 2 periode.

Walaupun jumlah perolehan suara masing-masing calonsudah diketahui melalui penghitungan cepat yang dilakukan oleh beberapa lembaga survey nasional, namun keputusan akhir pemenang harus menunggu KPU tanggal 22 Juli 2014 nanti.

Suara-suara sumbang pasca Pilpres yang dilontarkan pihak-pihak tertentu terhadap kedua Capres dan Cawapres melalui berbagai media massa merupakan hal yang wajar selama tidak menimbulkan konflik, itulah dinamika politik, tapi jangan sampai berlarut-larut sehingga menimbulkan hal-hal yang mengakibatkan perpecahan yang merugikan keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa.

Prinsip siap kalah dan siap menang bukan saja hanya bagi para Capres dan Cawapres, tetapi harus berlaku bagi semua pendukung termasuk seluruh masyarakat Indonesia. Ketika keputusan tanggal 22 Juli nanti ditentukan siapa pemenangnya, maka itulah Presiden pilihan rakyat yang wajib didukung oleh seluruh rakyat Indonesia termasuk pihak-pihak yang semula tidak mendukung Presiden terpilih.

Setelah ada keputusan presiden terpilih, maka sejarah akan mencatat bahwa pesta demokrasi Rakyat Indonesia telah berhasil memilih Presiden RI dan Wakilnya periode 5 tahun ke depan. Agar presiden terpilih dapat menjalankan tugas dan amanat rakyat dengan baik tentunya membutuhkan dukungan seluruh rakyat.

Dengan terpeliharanya semangat persatuan dan kesatuan bangsa seperti yang diamanatkan UUD 45, maka kita sebagai rakyat Indonesia yang arif dan bijak secara tidak langsung telah membantu pemerintah untuk mewujudkan cita-cita luhur untuk mengantarkan negara kita Indonesia menjadi negara yang maju, disegani, dan masyarakatnya adil dan makmur. Amiin!

Updated: 13/07/2014 — 11:03 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme