EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Pelihara Lele di Kolam Terpal

Ternyata di lahan sempitpun bisa memelihara ikan lele jumbo. Memelihara lelejumbo sangat mudah, tidak perlu menggunakan pompa sirkulasi. Dengan air diam ikan lele bisa hidup dan cepat besar, asalkan cukup pakan. Bagi Anda yang tinggal di rumah sempit seperti KPR BTN, anda bisa memelihara ikan lele jumbo dengan menggunakan kolam yang terbuat dari kotak kayu dilapisi terpal dengan ukuran sesuai tempat yang tersedia. Di sini saya berikan contoh ukuran 200 x 80 x 40 cm.

Kolam Terpal Rangka Kayu Untuk LELE Jumbo

Kolam Lele terbuat dari kayu dilapisi Terpal

Kotak kayu tersebut dibuat menggunakan rangka kayu kaso murah ukuran 4×6 cm, atau kayu bekas kalau ada. Bagian dalam kolam menggunakan papan cor dipaku ke rangka.. maksudnya untuk menahan beban tekanan air agar permukaan terpal rata. Bagian luar ditutup dengan triplek yang dipaku ke rangka bagian luar biar kelihatannya rapi, kemudian dicat dengan warna sesuai selera. Bagian atas kolam bisa anda simpan pot bunga sehingga tidak terlihat ada kolam ikan lele jumbo.

Setelah kotak dibuat, lalu bagian dalam dilapisi terpal sesuai ukuran dan pinggiran bagian atas dipaku ke rangka kaso. Setelah terpal dipasang, lalu tutup bagian atas dengan papa cor (sesuai gambar). Sisakan bagian tengah sekitar 40 x 40 cm untuk pintu kawat tempat memberi pakan lele.

Cara menanam dan memelihara ikan Lele Jumbo

  • Isi kolam dengan air setinggi 50 cm, sehingga tersisa 30 cm.
  • Masukan kurang lebih 50 gram urea, sebelumnya cairkan dulu urea dengan air di ember dan tambahkan 2 sendok makan garam dapur.
  • Biarkan selama 2 minggu, sampai muncul planton untuk makanan pertama anak lele.
  • Setelah 2 minggu, lalu masukan 150 ekor bibit ikan lele ukuran rokok (5 s/d 7cm)
  • Biarkan anak lele jangan dikasih pakan buatan selama 3 hari.
  • Setelah 3 hari beri pakan buatan, yaitu pelet apung yang berukuran kecil (agar lele bisa memakannya). Pemberian pakan bisa 2 s/d 3 kali dalam sehari.
  • Takaran pemberian pakan memang ada aturannya ditimbang, tetapi yang paling gampang, coba beri dengan takaran sendok, berikan beberapa takaran sampai ikan lele tidak mau makan.. artinya sudah kenyang. Itung berepa takaran. jadi jumlah takaran terseut untuk memberi takaran pakan selanjutnya.

Ikan lele sudah bisa dipanen setelah usia lele di dalam kolam 50 sampai 60 hari. Anda bisa membuat pecel lele, goreng lele, atau sesuai selera. Kolam Anda tersebut bisa menghasilkan 15 s/20 kg ikan lele. Lumayan kan!? Disamping memanfaatkan lahan sempit, juga sebagai obat stress. Saya sangat senang ketika memberi pakan.. mereka berebut makanan. Begitulah cara memelihara lele jumbo di kolam kayu lapis terpal. Selamat mencoba!

Updated: 10/08/2012 — 9:29 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme