EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Peluang Usaha

Kini Sudah Saatnya Melirik Peluang Usaha di Internet

Oleh Endang Kusman

bisnis-internetSejak munculnya teknologi internet, orang-orang di luar sana sudah sejak dulu memanfaatkan internet sebagai ladang penghasil uang. Jadi, mereka sudah sejak dulu telah memanfaatkan peluang usaha di internet. Buktinya, banyak para milyarder internet di sana.

Diakhir abad 20-an internet mulai dikenal di negeri kita, dan mulai membudaya di awal tahun 2000-an. Begitu cepatnya perkembangan internet. Kini jaringan internet sudah hampir merata di seluruh kota di Indonesia, bahkan sudah sampai ke daerah pedesaan tertentu.
Lantas, apa yang bisa kita manfaatkan dari internet yang sudah semakin terbuka? Dari jumlah 35 juta pengguna internet di Indonesia, seberapa besar yang menjadi pemain? Apakah yang selama ini sebagai penonton, tidak inginkah menjadi menjadi pemain ?

Pertanyaan tersebut sebagian sudah terjawab. Karena masyarakat sudah banyak yang melirik peluang usaha di dunia maya ini. Hal ini bisa terlihat pada trend internet marketing di Indonesia pada akhir tahun 2009 menduduki ranking pertama dunia. Silahkan pergi ke google trend.. dan ketik “internet marketing”.
Yang menjadi permasalahan sekarang adalah, seberapa jauh keberhasilan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan peluang usaha di internet?  Nada-nada sumbang sering dilontarkan oleh orang-orang tertentu sebagai bentuk kekecewaan dari kegagalan yang mereka alami. Hal tersebut bisa dilihat sebagai salah satu tolok ukur, bahwa ternyata tidak mudah memanfaatkan peluang usaha di dunia internet.
Tapi apabila kita menyadari, bahwa pada dasarnya setiap keinginan seseorang akan terwujud, apabila kita memiliki niat dan keingingan kuat, skill, dan mau berinvestasi. Itu, merupakan faktor-faktor utama yang menentukan keberhasilan seseorang.
Kemauan, tidak akan tumbuh begitu saja. Harus ada pendorong atau motivasi. Kemauan tidak akan bisa dijalankan tanpa skill yang dimiliki. Ada kemauan dan punya kemampuan tidak akan ada artinya apabila tidak didukung oleh biaya. Itulah yang seharusnya dicermati oleh para pebisnis apapun termasuk para internet marketer,  baik pemula maupun yang sudah berjalan.
Satu hal lagi, kegagalan seseorang dalam melakukan suatu usaha bukanlah akhir dari petualangan. Kegagalan semestinya harus dianggap sebagai suatu awal dari keberhasilan. Karena dibalik kegagalan ada hikmah, ilmu dan pelajaran berharga yang dapat dijadikan sebagai pelita untuk menerangi langkah selanjutnya menuju puncak kesuksesan.
Artikel yang lain :  Uang Sampingan, Traffic Tertarget

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme