EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Permasalahan yang Sering dialami Pengguna Blog WordPress

Pengguna layanan blog wordpress ada dua yakni : (1) pengguna layanan blog wordpress free (wordpress.com) dan (2) pengguna layanan blog wordpress  domain dan hosting sendiri (wordpress.org).

Ada banyak perbedaan dari kedua layanan blog wordpress tersebut, tapi secara umum perbedaannya adalah dari sisi kebebasan menggunakan dan mengelola, maka layanan wordpress.com lebih memberikan keleluasaan, tetapi pada sisi lain pengguna wordpress.com dibatasi oleh TOS yang ditentukan WordPress.

Keunggulan layanan wordpress free memberikan keleluasaan space hosting yang sangat besar diatas 3GB, juga  memberikan keamanan blog pengguna dari gangguan dan permasalahan intern maupun extern. Semua pengguna wordpress free asal rajin posting sudah cukup, tidak perlu memikirkan seting SEO  seperti wp hosting sendiri. Kekurangannya hanya pada sisi penggunaan, artinya dibatasi TOS tadi, diantaranya kita tidak dapat memasang java script, link affiliate bisnis, kode iklan ppc dll.

Sedangkan penggunaan wordpress hosting dan domain sendiri adalah kebalikannya. Pengguna wordpress ini harus membayar sewa hosting dan domain setiap tahun. Kapasitas hosting dibatasi oleh anggaran, semakin besar space yang kita sewa, maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan setiap tahun. Untuk blog wordpress minimum kita harus sewa hosting yang kapasitasnya minimum 100 MB. Pada wordpress dengan domain dan hosting sendiri kita bebas menggunakannya. Namun banyak juga kelemahannya yakni dari segi keamanan dari gangguan-gangguan dari luar. Ketika blog kita traffiknya tinggi dan optimal di search engine biasanya suka mendapat serangan dari luar disebabkan ada yang merasa tersaingi oleh blog kita.

Permasalahan yang sering dialami oleh pengguna wordpress berbayar yang paling umum adalah terjadinya penurunan traffik pada saat jumlah traffik unik diatas 500 per hari. Penurunan biasanya perlahan-lahan hingga mendekati nol. Hal ini bagi para blogger pemula merupakan pukulan yang hebat, apalagi blog tersebut digunakan untuk menerbitkan iklan ppc google adsense. Faktor penyebab penurunan traffik tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :

  • Terdapat banyak broken link (lin mati) atau crawl errors : not followed,not found, restricted by robots.txt, ? unreachable
  • Banyaknya duplicate : duplicate meta descriptions, short meta descriptions, duplicate title tags

Apabila jumlah crawl errors dan duplicate meta sampai ratusan hingga ribuan, maka itulah penyebab merosotnya traffik, sengan kondisi seperti itu maka search engine khususnya google akan menganggap situs tersebut jelek, bahkan pada saat tertentu blog kita akan mati dan tidak mendapat traffik dari hasil pencarian search engine. Untuk mengantisipasi sejak awal, bagi anda pengguna wordpress (terutama yang pemula), maka sejak awal blog anda dibuat, maka anda harus memanfaatkan google webmaster tools untuk memantau error pada blog anda. Caranya anda buat akun google, kalau sudah punya akun google tinggal login, pilih akun seting, lalu pilih  webmaster tools (pekakas web).

 

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme