EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Pertimbangan Membeli Mobil

Pertimbangan Membeli Mobil – Mungkin pada saat ini Anda ingin merealisasikan impian untuk memiliki sebuah kendaraan roda empat atau mobil, baik itu mobil baru atau mobil seken. Tujuan memiliki kendaraan pada setiap orang pasti berbeda, ada yang berdasarkan urgensi atau kepentingan, dan ada juga yang hanya sekedar untuk punya-punyaan karena melihat tetangga pada punya mobil. Hal tersebut akan terlihat dalam kesehariannya, kalau yang berdasarkan urgensi, pasti mobil tersebut setiap hari digunakan untuk menunjang kegiatan atau aktivitas seperti kerja ke kantor atau melakukan aktivitas lainnya. Sedangkan yang tidak berdasarkan urgensi atau hanya sekedar punya-punyaan pasti setiap hari mobil ada di garasi atau diparkir dipinggir jalan depan rumah.

Pertimbangan Membeli Mobil

Saya punya pengalaman mengenai hal tersebut, ketika saya masih aktif bekerja, mobil sangat menunjang kegiatan dan aktivitas saya sehari-hari ke kantor. Tapi setelah pensiun, mobil jarang digunakan, sehingga kurang efektif. Dijual sayang, tidak dijual memerlukan biaya yang cukup memberatkan bagi seorang pensiunan.

Oleh sebab itu barangkali saya hanya sedikit mengingatkan, ternyata bahwa memiliki sebuah kendaraan sangat kurang efektif jika penggunaannya kurang, sebab biaya pemeliharaan mobil yang sering digunakan dan yang jarang digunakan hampir sama saja. Mobil yang sering digunakan pemeliharaan rutinnya berdasarkan kilo meter..yaitu per 10.000 kilo meter wajib melakukan perawatan, sedangkan untuk mobil yang jarang digunakan berdasarkan waktu yaitu jika tidak tercapai kilo meter maka berdasarkan waktu per enam bulan wajib melakukan perawatan. Kalau tidak, maka dikhawatirkan terjadi masalah ketika melakukan perjalanan. Saya bisa berceritera karena saya pernah mengalami tiba-tiba mobil mati, atau panas, atau sistem AC+pendingin mesin tidak berfungsi, dll. Pada awalnya saya tidak menghiraukan masa perawatan karena saya pikir mobil saya jarang digunakan dan pasti akan tetap baik.. tapi kenyataan membuktikan lain, ternyata benar juga apa yang tertulis dalam buku buku panduan panduan perawatan kendaraan.

Memiliki sebuah kendaraan, terutama dari baru.. ternyata biaya per tahunnya cukup besar, mulai dari pajak, perawatan per 10.000 kilo meter atau per enam bulan, biaya asuransi kendaraan, dan lain-lain bisa mencapai 10 jutaan rupiah lebih per tahun. Itu untuk kendaraan kelas ekonomi atau mobil sejuta umat.

Sepertinya untuk membeli kendaraan roda empat atau mobil memerlukan pertimbangan yang matang dan melihat urgensinya, kalau hanya perlu kendaraan untuk digunakan sewaktu-waktu, sepertinya akan lebih hemat dengan cara menyewa mobil dari rental.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme