EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

SEO On Page dan Off Page

Untuk membuat sebuah website agar optimal dimata search engine sebagaimana dikatakan guru Anne Ahira adalah harus memenuhi 2 persyaratan umum yaitu on page dan off page . On page yaitu keyword, konten, internal linking, link external. Sedangkan off page adalah adanya linking dari situs lain ke situs kita atau disebut juga.

Untuk mengerjakan on page tidaklah begitu sulit karena memang merupakan yang pokok, tetapi untuk mendapatkan link dari situs orang lain off page itulah yang selalu menjadi permasalahan bagi kita terutama para pemula, karena tidak mudah untuk mendapat backlink dari situs orang lain yang memiliki PR tinggi. Kecuali kita memiliki banyak website, kita dapat melalukan backlink dari network sendiri.

Backlink yang paling efektif adalah submit article dan berikutnya bookmarking. Tidak semua orang bisa melakukan submit article, terutama untuk artikel berbahasa Inggris. Backlink yang kuat diperlukan apabila pesaing blog kita dalam salah satu postingan dengan keyword tertentu sangat banyak pesaingnya terutama situs-situs besar yang sudah autoritisite. Tetapi apabila kita membidik kata kunci yang tidak banyak pesaingnya, maka dengan kekuatan on page saja sudah bisa muncul di halaman utama google, dan tidak memerlukan backlink yang kuat.

Saya sebagai murid baru Asian Brain telah mencoba menerapkan apa yang telah disampaikan oleh guru Ahira . Ingat ! dalam riset pasar yang baik, kuncinya adalah cari atau bidiklah kata kunci yang cukup banyak pencarinya dan sedikit pesaingnya. Ternyata benar ! dengan membidik kata kunci yang pesaingnya kurang dari 10.000 dan pencarinya minimum 150 orang per bulan ternyata tidak memerlukan backlink, saya sudah mencobanya.

Untuk riset pasar dan analysis,  saya lakukan secara manual, tanpa menggunakan market samurai, karena untuk mendapatkan sebuah kata kunci dimaksud tidak  memakan waktu lama. Caranya, pertama cukup mencari pesaing dengan mengetik kata kunci di google dengan menggunakan tanda “  “ .  Jika hasil pencarian menunjukan <=10.000 maka kata kunci tersebut sedikit pesaingnya. Kedua, cek di adword google apakah kata kunci tersebut masih banyak pencarinya ? Jangan lupa tentukan dulu lokasi pasar yang anda tuju. Jika angka pencarian lokal menunjukan minimum 300 per month, maka keyword tersebut bisa anda ambil.

Jika anda bisa mengumpulkan sehari 1 keyword saja, maka dalam sebulan anda bisa mendapat 30 keyword untuk 30 artikel. Tapi ingat ! kata kunci yang anda ambil jangan duplikasi dengan kata kunci sebelumnya. Caranya kumpulkan semua keyword yang sudah anda buat artikelnya dan sudah diposting pada lembar kerja exel. Kemudian tambahkan  keyword baru dengan warna teks berbeda dan lakukan sorting. Jika terdapat duplikasi, maka hapuslah. Dan keyword baru yang tidak duplikasi itulah yang harus anda ambil untuk anda buatkan artikelnya.

Jika anda murid baru Asian Brain, atau siapa saja yang memerlukan..silahkan untuk mencoba tips ini. Cara ini merupakan cara memanfaatkan kekuatan on page, tanpa memerlukan backlink yang kuat dari situs lain. Untuk blog berbahasa Indonesia sebenarnya lebih mudah, karena pesaingnya tidak terlalu ketat seperti blog berbahasa Inggris. Tips ini juga saya terapkan pada blog ini.

Rata-rata keyword dalam blog ini sudah menempati halaman utama google, walaupun tidak selalu di nomor 1. Pengetahuan ini saya dapatkan semuanya dari Asian Brain.. dan dapatkan paket pelajaran gratis 1 bulan (ebook dan video tutorial gratis).

Updated: 02/07/2011 — 3:00 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme