EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Cara menulis Artikel agar setiap halaman blog WordPress Bisnis Online mendapat ranking di Google (SEO)

menulis artikel seo

Supaya setiap halaman posting pada blog wordpress anda mendapat ranking dan tampil di di halaman utama google, anda tidak perlu menjadi ahli SEO.. hanya perlu sedikit belajar teknik membuat artikel dan cara-cara posting wordpress yang benar.

Sebelum menulis artikel blog bisnis online, maka ada 5 hal pokok yang harus difahami terlebih dahulu :

  1. Pertama kita harus mengetahui dan memahami dulu untuk apa gunanya halaman blog mendapat ranking di Google ?
  2. Bagai mana cara orang mencari informasi melalui  google search?
  3. Kata kunci apa yang berhubungan dengan blog bisnis online yang paling banyak dicari orang ?
  4. Berapa banyak orang yang mencari kata kunci yang berhubungan dengan bisnis kita ? Bagaimana cara mencari kata kunci ?
  5. Berapa banyak kompetisi kata kunci tersebut ?  Bagaimana cara mencari kompetisi atau pesaing ?

Kalau kita sudah memahami dan mengetahui cara mempraktekan ke 5 hal tersebut, maka setiap akan membuat konten artikel blog tidak akan asal tulis semaunya. Artikel dalam sebuah blog/web merupakan konten yang sangat menentukan hidup matinya sebuah blog/web. Jika salah membuat artikel, dan salah memilih kata kunci, maka konten artikel blog anda tidak akan memberikan manfaat dan tidak akan mendatangkan pengunjung. Sehebat dan seindah apapun tulisan anda, jika tidak ada target kata kunci yang benyak pencarinya, maka konten artikel anda tidak akan ditemukan orang lewat google.

Atau jika tujuan blog anda untuk menjual produk afiliasi tertentu, tetapi anda menulis artikel tentang kasus pembunuhan atau pemerkosaan, maka target penjualan anda tidak akan tercapai, sebab pengunjung halaman blog anda hanya mencari  dan ingin membaca berita tentang kasus pembunuhan.. bukan mencari produk yang anda tawarkan.

Baiklah akan jawab dulu ke 5 pertanyaan di atas barangkali diantara anda belum ada yang tahu jawabannya :

  1. Dengan tampilnya halaman blog di halaman utama google, apalagi pada posisi no 1 s/d 5 untuk pencarian kata kunci yang berhubungan dengan konen artikel anda, maka blog anda berpeluang akan dikunjungi pencari kata kunci tersebut.
  2. Dengan mengetik kata kunci di google. Misal : “mencari uang di internet”
  3. Contoh : Misalkan blog anda untuk memasarkan “busana muslim” atau “obat herbal”, maka  kata kuncinya adalah harus kata-kata yang berhubungan dengan produk tersebut. Misanya “busana muslim terbaru”, “Obat penyakit kanker” dst.
  4. Buka google adwords untu mencari berapa banyak orang yang mencari kata kunci tersebut. Kalau anda mentargetkan pasar Indonesia, maka pilih negara Indonesia dan pilih bahasa Indonesia juga. Jika pencarinya <1000 per bulan, maka sebaiknya anda cari lagi kata kunci yang pencarinya lebih dari 1000. Contoh “Busana Muslim Terbaru” .. hasil 5400. Bagus lebih dari 1000 !
  5. Kompetisi atau pesaing adalah berapa jumlah situs/blog yang memuat kata kunci tersebut. Caranya anda ketik di google dengan menggunakan tanda kutip. Contoh “Busana Muslim Terbaru” hasil 872.000. Lumayan… kurang dari 1 juta, tapi cukup berat baclinknya. Pesaing yang sangat mudah dikalahkan adalah kurang dari 10.000, cukup dengan internal linking, tapi untuk kata kunci pasa saat ini sangat sulit ditemukan. Kalo bisa carilah yang pesaingnya <100.000.

Selanjutnya anda buat artikel dengan kata kunci “Busana Muslim Terbaru” menggunakan MS Word. Caranya buat Judul artikel yang mengandung kata “Busana Muslim Terbaru”. Lalu Buat body artikel minimum 300 kata dan setiap alinea diupayakan memuat kata kunci tersebut.

Kalau sudah selesai lalu login ke WP anda dan lakukan posting. Pastikan blog WP anda telah terinstall plugin all in one seo pack. Lalu copas artikel di ms word ke mode editing wp anda. Selanjutnya isi form SEO, Title (maksimum 60 char), Deskription (maksimum 160 char), lalu keyword maks 3. Jangan lupa tag di bagian kanan mode edit harus diisi cukup 2 bh tag yang berbeda dengan keyword pada SEO.

Kemudian buat internal linking, yaitu url halaman yang sedang anda tulis ngelink ke halaman lain di blog yang sama. Bisa dengan posting sebelumnya, posting terkait, atau anchor teks yang ngelink ke artikel yang mirip. Contoh internal linking di blog saya : anne ahira. Lalu pasang juga eksternal linking yaitu blog kita ngelink ke blog orang. Contoh Blog favorit saya : jokosusilo.com –> untuk eksternal linking cari blog yang PRnya >4 dan memiliki tema yang sama. 

Setelah selesai lalu anda saving. Pekerjaan belum selesai, masih ada tugas lain yaitu mencari backlink atau disebut link balik dari  web/blog orang lain ke blog kita. Caranya dengan bookmarking.. gunakan aja onlywire.com dan socialmaker.com. Supaya lebih apdol lagi submit ke ratusan situs iklan baris menggunakan software autosubmit.

Begitulah cara sederhana agar setiap halaman blog anda tampil di google. Sekali lagi jika anda salah menentukan kata kunci akan fatal akibatnya. Jangan pilih kata kunci yang sedikit pencarinya ! Silahkan coba.. semoga ada manfaatnya.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme