EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Seperti Apa Artikel Yang Baik Itu?

Artikel Yang Baik – Ketika Anda berkunjung melakukan blogwalking ke beberapa blog, dan membaca setiap postingan baru pada blog yang Anda kunjungi tersebut. Dari lawatan Anda tersebut, maka Anda dapat menyimak dan mengevaluasi tulisan atau artikel pada blog mana yang menurut Anda paling baik. Untuk menilai baik tidaknya sebuah artikel blog karya seseorang dapat dilihat dari beberapa sisi atau sudut pandang.

Artikel Yang Baik

  • Cara penulisan
  • Tema yang disajikan
  • Manfaat bagi pembaca

Ketiga cara Anda menilai sebuah artikel sudah cukup dapat memberikan penilaian pada sebuah artikel yang telah Anda baca dari beberapa blog yang dikunjungi.

Cara Penulisan

Cara penulisan mancakup alur penulisan, tingkat kesalahan pengetikan, dan bahasa yang digunakan. Cara penulisan sebuah artikel yang baik harus dimulai dari pembukaan, isi, dan penutup. Panjang paragraph dapat disesuaikan dengan panjang artikel. Untuk artikel yang pendek misalnya panjangnya 300 kata, pembukaan 1 paragraph, isi 2 s/d 4 paragraph, dan penutup 1 paragraph. Tingkat kesalahan ketik yang terlalu banyak merupakan suatu kecerobohan penulis yang bersangkutan. Bahasa yang digunakan tergantung dari tema artikel, bisa bahasa formal, semi formal

Tema yang disajikan

Tema yang disajikan dapat mempengaruhi baik tidaknya sebuah artikel, tema yang ceritera atau informasi yang sedang trendy tentu akan lebih disukai pembaca daripada tema yang sudah usang dan sudah banyak di publikasikan orang lain.

Manfaat bagi pembaca

Ini sangat penting, sebab seorang pembaca sebuah artikel yang pertama kali dibaca adalah judul artikel. dari judul artikel sudah dapat diterka manfaatnya jika artikel tersebut ditulis oleh seorang penulis berpengalaman. Manfaat yang bisa diambil akan terdapat pada isi artikel.

Mungkin itu saja posting saya untuk kali ini, jadi jelaslah dengan memperhatikan ketiga point tersebut kita bisa menilai sebuah artikel yang baikĀ  yang ditulis oleh seseorang, apakah penulis tersebut berpengalaman atau pemula akan terlihat dari ketiga point tersebut. Untuk dapat menulis artikel yang baik terutama untuk posting blog tentunya memerlukan waktu latihan yang lama, dengan seringnya berlatih maka secara perlahan-lahan kita akan dapat menulis artikel yang baik dan enak dibaca. Semoga bermanfaat!

Updated: 24/09/2014 — 9:03 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme