EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Seperti Apa Figur Seorang Pemimpin yang Baik dalam Birokrasi?

Jabatan pimpinan dalam birokrasi baik pada instansi pemerintah maupun swasta selalu menjadi impian dan diburu para ambisius. Hal tersebut sudah lumrah terjadi, walaupun diantara mereka banyak diantaranya yang belum siap menjadi pimpinan birokrasi dalam level tertentu.

Kebanggaan menjadi seorang pimpinan dalam birokrasi kadang-kadang tidak diikuti oleh kesiapan diri untuk menjalankannya. Padahal untuk menjadi seorang pemegang jabatan tertentu dalam birokrasi perlu memiliki kesiapan diri yang cukup agar mampu menjalankan apa yang semestinya harus dilakukan.

Menjadi seorang pemimpin pada level manapun perlu kesiapan sesuai level jabatan yang dipegang. Menjadi seorang pemimpin dalam birokrasi berarti memimpin bawahan, dan pada sisi lain dipimpin dan diawasi juga oleh orang lain yang lebih tinggi jabatannya. Dalam kasus tersebut ada hubungan ke atas dan kebawah. Hubungan ke atas dan ke bawah inilah yang suka kurang seimbang, jika yang bersangkutan kurang bijak akan menjadi malapetaka bagi kelangsungan karir dalam jabatannya. Satu hubungan lagi yang tidak kalah pentingnya yaitu hubungan kesamping, yaitu koordinasi. Jika tidak pandai berkoordinasi, maka inipun akan menjadikan karirnya tidak banyak kemajuan.

Ketiga hubungan tersebut menjadi kunci keberhasilan serta kesuksesan seorang pimpinan birokrasi, dan harus pandai-pandai menjalin ketiga hubungan tersebut dengan seimbang. Jika ketiga hubungan kurang seimbang, maka alamat dan pertanda awal dari kegagalan dalam menjalankan tugas sebagai pimpinan dalam birokrasi. Ketiga faktor tersebut kadang-kadang menjadi dilema, disisi lain harus mengenakan pipinan, sedangkan disisi lain harus membela anak buah. Disitulah kesiapan dan mental yang harus selalu ditingkatkan dengan berlandaskan kejujuran dan hati yang lapang.

Updated: 18/11/2012 — 11:57 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme