EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Memodifikasi Tampilan Themes Blog WordPress

Apabila postinngan blog wordpress anda sudah puluhan atau ratusan dan traffiknya sudah banyak, sudah SEO, sebaiknya anda harus hindari mengganti themes. Saya pernah mencoba hal itu, traffik turun drastis, sepertinya google menemukan sesuatu yang lain dari  biasanya di blog saya. Dan itu berlangsung sampai 3 bulanan.. baru pulih kembali.

Sebaiknya ketika anda membuat blog baru, pilih secara mantep theme wp yang hendak digunakan, jangan sampai gonta-ganti theme. Tetapi kalau ingin memodifikasi tampilan theme yang ada, misalnya jenis huruf, warna huruf, warna background halaman, header,  dll, itu tidak  akan berpengaruh pada SEO blog anda.

Memilih themes hendaknya jangan memilih themes yang berat loadingnya.  Pertimbangan memilih themes yang memiliki current theme options harus menjadi prioritas. Hampir semua blog wordpress saya menggunakan theme inove, alasannya inove ringan loadingnya dan memiliki current theme options sangat lengkap. Bisa menyimpan script (di header, di top posting, dan di top sidebar), top menu bisa versi halaman dan versi category, memiliki 3 kolom yang bisa diubah menjadi 2 kolom dan 1 kolom dll. Pokoknya gampang dimodifikasi.

Untuk merubah warna, jenis dan ukuran font pada themes wordpress anda bisa kutak-katik pada file Stylesheet (style.css). Sedangkan untuk merubah tampilan header, sidebar dan aksesoris lainnya bisa anda lakukan modifikasi file-file gambar yang terdapat pada folder public html/wp-content/themes/images pada hosting anda. Caranya upload semua file gambar pada folder tersebut ke komputer anda.  Jangan lupa bikin backup untuk file-file yang akan dimodifikasi. Kemudian lakukan modifikasi gambar dengan menggunakan program photoshop dengan cara mengatur keseimbangan warna (color balance), mengatur kecerahan, atau mengganti total warna, atau mengganti gambar header dengan gambar sesuai selera anda. Tetapi harus diingat jangan sekali-kali mengganti nama file aslinya.

Apabila proses editing gambar sudah selesai, maka selanjutnya semua file upload kembali ke folder semula, tindih semua file lama agar diganti dengan gambar hasil modifikasi. Jika proses upload sudah selesai maka tampilan themes anda akan berubah. Dan perubahan tersebut tidak akan mengganggu SEO blog anda. Untuk proses upload dan download anda bisa menggunakan FTP file Zilla atau melalui Cpanel. Silahkan anda coba semoga menambah semangat ngeblog !

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme