EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Tips Agar Tidak Stress Menjalani Pensiun

tips agar tidak stress dimasa pensiun
Biar Penghasilan melorot..
Hidup kami enjoy aja hehe..

Pensiun adalah berhenti bekerja dan pensiunan adalah orang yang menjalankan masa pensiun. Istilah pensiunan lebih umum dikenal masyarakat adalah dimana seseorang telah mencapai batas usia tertentu dan berhenti bekerja sebagai PNS, BUMN, BUMD, ABRI, dan Kepolisian dan menerima uang pensiun setiap bulan. Sedangkan bagi pegawai swasta jarang sekali disebut-sebut sebagai pensiunan.

Banyak orang yang stress dan sakit-sakitan ketika memasuki masa pensiun. Tapi banyak juga yang merasa senang dan enjoy dalam menjalankan pensiun. Hal tersebut sangat tergantung pada kesiapan seseorang untuk menjalankannya. Apabila belum siap, maka akan terjadi stress dan sakit-sakitan, dan sebaliknya apabila sudah mempersiapkan diri dan menerima kenyataan.. maka yang bersangutan akan merasa senang dan bahagia menjalankannya. Memang, tidak mudah untuk membuat diri kita menjadi siap menjalankan pensiun, memerlukan waktu tertentu untuk mempersiapkannya, terlebih bagi pensiunan yang masih memiliki tanggunan biay pendidikan anak-anak.

Masa Persiapan Pensiun (MPP) adalah waktu yang diberikan bagi seorang PNS, ABRI dst. untuk mempersiapkan diri menghadapi masa pensiun yang waktunya selama 1 tahun menjelang tiba masa pensiun. Dalam kurun waktu 1 tahun tersebut seseorang yang menjalankan MPP masih menerima gaji pokok utuh, sama rata termasuk pegawai yang sebelumnya mempunyai kedudukan dan jabatan.

Bagi golongan pegawai yang tidak memiliki jabatan atau kedudukan, biasanya MPP-nya diambil, tapi bagi golongan yang memiliki kedudukan dan jabatan biasanya merasa sayang untuk melepas jabatan.. sehingga tidak dimanfaatkannya masa MPP tersebut.

MPP merupakan masa persiapan atau masa transisi, dan menurut saya sangat disayangkan bagi yng tidak mau memanfaatkannya. Dalam kurun waktu 1 tahun dengan gaji utuh tanpa bekerja kita dapat mempersiapkan diri baik mental maupun sisi lainnya. Yang menjalani MPP dengan yang tidak akan terlihat perbedaannya ketika memasuki saatnya pensiun.

Bukan hanya penghasilan yang merosot tajam yang membuat pensiunan stress, tetapi masih banyak faktor lainnya yang membuat orang stress. Tapi tidak boleh disangkal bahwa faktor merosotnya penghasilan merupakan sumber utama stress. Itu berlaku untuk semua level pegawai.

Lantas bagaimana agar kita tidak stress dalam menjalani pensiun? Inilah beberapa tipsnya :

  1. Menerima dengan sepenuh hati bahwa hidup di dunia ini selalu berpasang-pasngan. Ada : pertemuan-perpisahan, kaya-miskin, hidup-mati, di atas – di bawah dan seterusnya.
  2. Menjalani sisa usia dengan menghargai waktu untuk berbuat sesuatu yang baik dan bermanfaat, baik untuk bekal di dunia maupun untuk bekal nanti di alam baka. Prinsipnya dalam hidup harus bisa menjaga keseimbangan.
  3. Manfaatkan uang pensiun dengan dengan merubah pola hidup sebagai pensiunan, artinya jangan disamakan dengan waktu masih berjaya dan bertaring.
  4. Ciptakan suatu kegiatan yang menyenangkan.
  5. Bagi pensiunan yang masih berusia produktif (56 th) yang akan melakukan kegiatan usaha, jalankanlah usaha yang sesuai dengan kemampuan dan jangan dipaksakan;
  6. Bagi yang masih bekerja dan menjelang usia pensiun dan pada saatnya masih memiliki anak yang masih memerlukan biaya pendidikan, siapkanlah diri Anda jauh-jauh hari sebelum masanya tiba.. apa yang akan dilakukan ketika masa pensiun tiba.

Mungkin itu yang dapat saya sampaikan tips gar tidak stress dalam menjalani pensiun. Semoga bermanfaat.

Updated: 19/02/2014 — 6:13 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme