EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Tips Blog

Tips Blog : Trik dan Cara agar Blog cepat diindex oleh Search Engine, misalnya Google

Oleh : Endang Kusman

[Tips Blog Index Google]Seperti telah kita ketahui bersama bahwa menggunakan blog untuk kepentingan apa saja yang bersifat personal lebih mudah da lebih simpel menggunakan blog ketimbang jenis website lainnya. Penyedia jasa blog begitu banyak, tapi rasa-rasanya diantara sekian banyak jasa layanan top blog masih tetap ada di ada tangan wordpress dan blogspot. Menyusul Joomla, yang fiturnya yang sangat lengkap cocok untuk dipergunakan oleh organisasi/institusi. Tapi sayangnya untuk memahami jommla agak rumit dan perlu cukup waktu. Lain halnya dengan menggunakan wordpress atau blogspot. Untuk mengajari pemula garis besar penggunaan blogspot dan wordpress sambil praktek,  hanya perlu waktu tidak lebih dari 1 jam.

Agar blog cepat diindex oleh sesrch engine terutama google bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang bagi yang sudah tahu caranya, tapi susah untuk menjelaskan di artikel seperti ini.  Saya ingin berbagi kepada anda terutama yang masih pemula. Ada pertanyaan yang biasa saya temukan :  Untuk apa masudnya diindex, dan apa manfaatnya ? Pertanyaan seperti itu wajar-wajar saja ditanyakan oleh orang yang belum mengerti. Saya bisa menjawabnya, karena saya tahu jawabannya. Tapi agak bingung menguraikannya sebab sebenarnya jawabannya cukup panjang.

Tapi baiklah, saya harus menjawabnya sebab dalam artikel ini memang saya akan memberikan tips dan triks blog khusus urusan index search engine, khususnya  google. Jawabannya panjang tapi saya akan menjawab dengan bahasa saya.. bukan bahasa teori yang munkin akan menambah bingung.

Begini :  Apabila suatu kontent baru blog kita sudah didatangi robot google misalnya, kemudian robot menemukan sesuatu yang dicarinya, lalu dia  menilai baik dan mencatat serta  menyimpa data yang ditemukanya di database google, itu artinya kontent baru blog kita sudah diindex google. Robot google atau search engine lainnya akan sering mengunjungi blog-blog yang dinilainya bagus. Dia akan mengatakan blog bagus pada blog/website yang menurut dia bagus. Sorry.. saya perlu waktu lama untuk mejelaskan seperti apa blog bagus menurut google.

Kita lanjutkan.. setelah diindek akan diapakan data blog kita yang dia simpan di database google ? Jawabannya begini : google dan SE lainnya memang kerjaannya begitu ngumpulin data website. Yang dia kumpulin adalah : title, deskripsi, keyword atau tag. Title, keyword adalah sesuatu yang biasa dicari orang. Ketika ada ada orang menanyakan sesuatu pada google.. maka dia akan memberi tahu bahwa data tersebut ada pada suatu blog. Blog yang bagai mana ? Tentunya blog yang bagus menurut dia. Jadi walaupun blog anda telah dicatat, jika menurut google blog anda tidak bagus, maka pencari data tadi tidak akan diberi tahu untuk datang ke blog anda.

Blog yang dianggap  bagus  oleh google akan ditempatkan di halaman utama, yang paling top tentunya yang nomor 1. Contohnya : ada kata kunci aset virtual pada artikel saya di blog ini. Ketika saya menulis artikel ini, kata kunci tersebut berada diposisi nomor 1 halaman utama google.   Silahkan anda klik di sini.. untuk membuktikannya.  Sistem Aset Virtual adalah bisnis affiliate andalan saya.

Jadi kalau blog kita muncul di halaman utama urutan 1, itu namanya blog yang dianggap bagus oleh google untuk keyword tertentu. Manfaatnya traffik meningkat, dagangan menjadi laris manis. Umumnya, orang lebih suka mengunjungi situs yang berada dihalaman utama ketika dia mencari info di google. Itulah perlunya diindex google. Semoga yang telah saya sampaikan bermanfaat bagi anda yang kebetulan memerlukan. Coba test sudah berapa halaman blog anda yang telah diindex Google Klik di sini.. (ganti nama blog saya dengan blog anda).

 

Posting sebelumnya :

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme