EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Tips Memasang Gambar Posting dan Manfaatnya

Tips Memasang Gambar Posting 1

Memasang gambar pada posting blog selain untuk bumbu pemanis postingan, tetapi ada yang lebih penting.. yaitu meningkatkan SEO Blog. Mengapa demikian? Baiklah pertanyaan tersebut akan saya jawab pada bagian akhir postingan ini setelah saya menguraikan tips memasang gambar dan manfaatnya sebagai berikut :

Bagi Sobat yang sudah terbiasa dan familiar ngeblog tentu saja dalam waktu sekejap Sobat akan bisa menebak apa yang akan saya uraikan.. dan mungkin Sobat sudah bosan dengan itu.. sehingga Sobat akan segera chek out dari halaman ini, tapi bagi Sobat yang belum tahu.. barangkali akan terus membaca sampai bagian akhir postingan.

Dilihat dari urgensinya, tujuan memasang gambar posting ada 2 jenis. Yang pertama, gambar sebagai konten utama.. dan yang kedua gambar sebagai bumbu penyedap postingan. Keduanya akan memberikan dan dapat membantu mengoptimalkan blog Anda di sesrch engine apabila dalam pemasangan gambar posting disetting dengan benar.

Seperti apa pemasangan gambar dengan benar? Ikutilah uraiannya sebaga berikut:

  1. Gambar postingan Anda tdak akan memberikan manfaat SEO (hanya sebagai pemanis saja) apabila tidak disetting dengan benar, sebab robot SE tidak bisa membaca gambar.
  2. Agar gambar posting Anda dapat dibaca oleh SE dan terindex, maka harus dipasang atribut yang dikenal sebagai “alternatif teks” atau ALT. Kemudian diberi Judul. Khusus untuk gambar yang tujuannya sebagai posting utama bisa diberi nama (Caption).
  3. Untuk memberi atribut, judul dan caption sangat mudah. Apalagi di Blogger.. pada mode Edit Post, klik add images, lalu klik kiri gambar yang sudah muncul, maka akan muncul sederet tulisan seperti gambar di bawah. Pilih Properti untuk membuat Judul dan ALT, sedangkan untuk memberi nama gambar pilih Add Caption.
ALT, Judul & Caption

Judul, caption dan ALT merupakan indentitas gambar yang akan terbaca oleh robot SE, sehingga gambar posting Anda akan membantu meningkatkan SEO blog Sobat.

Untuk menambahkan Judul, ALT, dan Caption (khusus Gambar sebagai konten posting) mungkin sudah dapat Sobat fahami. Dan masih ada satu hal lagi yang penting yaitu ukuran gambar. Gambar yang terlalu besar ukuran pikselnya akan memperlambat loading blog, dan hal ini sangat tidak disukai pengunjung.

Setiap gambar posting sebaiknya jangan lebih dari 30 kb, <10 kb lebih baik. Cara mengecilkan gambar, bisa Anda gunakan Photoshop, lalu buka gambar, pilih image size.. untuk gambar pemanis bisa 240 x 180 px, atau 360 x 24 px. Setelah diubah ukuran pikselnya lalu pilih “Save for Web” jangan “Save As” sebab dengan pilihan Save for Web ukuran gambar akan jauh lebih kecil dari pada Save As atau Save, sehingga loading blog Anda akan cepat.

Tips Memasang Gambar Posting 2
Image Size

Memasang Gambar Posting 3
Save for Web

Itulah tips memasang gambar posting dan manfaatnya segaligus jawaban pertanyaan pada paragraph pembuka. Semoga ada manfaatnya terutama bagi sobat yang belum tahu. Ok! selamat ngeblog semoga Sobat menjadi blogger yang sukses!

Updated: 25/04/2014 — 8:28 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme