EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Tips Menulis Artikel Blog

Bingung Menulis Artikel Blog ?

Kalau baru memulai biasanya bingung untuk membuat artikel blog, apa yang harus ditulis dan nulis apa. Tetapi apabila sudah terbiasa latihan setiap hari maka untuk menulis sebuah artikel blog dengan panjang halaman 300 kata bisa kurang dari 10 menit.

Untuk pemula sebaiknya membuat blog dengan domain nama sendiri, untuk belajar saya sarankan menggunakan blog gratis di blogspot atau wordpress. Misalnya pada blog gratisan menggunakan layanan blogger atau blogspot : namaanda.blogspot.com, atau layanan blog gratis wordpress : namaanda.wordpress.com, dan masih banyak lagi layanan blog gratis, tetapi saya rekomendasikan yang itu saja.. sebab wordpress dan blogspot adalah dedengkotnya layanan blog gratis yang memiliki kapasitas hosting dan bandwidth yang besar. Jika anda pada suatu saat nanti ketika blog anda memiliki ribuan pengunjung perhari dan Anda mengharapkan penghasilan dari blog Anda, maka saya sarankan pilih blogspot. Di blogspot ada kebebasan untuk malakukan hal tersebut.

Kenapa saya sarankan menggunakan blog gratis? Yang jelas dari penggunaan blog gratis adalah tidak perlu mengeluarkan biaya domain dan hosting, tidak perlu memikirkan keamanan blog, dsb. Kita hanya dituntut rajin nulis setiap hari.

Kembali ke masalah nulis artikel, dengan menggunakan nama domain dengan nama anda, berarti blog anda bisa dibuat blog serba-serbi, serabutan, artinya anda bebas menulis apa saja di blog anda. Dengan bebas menulis apa saja, maka peluang membuat banyak artikel itu sangat memungkinkan. Berbeda dengan blog yang spesifik, itu terbatas.. sekalinya hilang inspirasi maka sudahlah kita mentok tidak dapat menulis.

Apa yang bisa anda tulis pada blog anda yang serabutan? Apa saja, yang penting tulisan anda berguna bagi orang lain. Buatlah posting artikel, gambar, atau video yang kira-kira banyak dicari orang di Google Search. Yang banyak dicari orang adalah informasi-infornasi yang diperlukan, baik keperluan sehari-hari atau keperluan berkala. Keperluan orang mulai dari makanan, pakaian, rumah, kendaraan, barang elektronik, perabot mebel dan masih banyak lainnya. Jika sudah terbayang point-point tersebut anda bisa mulai menulis. Dan semua keperluan tersebut bisa Anda tulis semuanya di blog anda, sebab blog anda adalah blog serabutan.

Tetapi jika anda punya keahlian tertentu misalnya sebagai arsitek, maka anda bisa membuat blog spesifik tentang rumah misalnya. Jika halnya seperti itu, maka anda tidak lucu jika anda mempostig produk pakaian atau makanan, atau berita main bola dsb.

Cara Manulis Artikel Cepat

  1. Pikirkan dan tentukan apa yang akan anda tulis. Misalnya  yang sedang populer saat ini adalah android. Jika anda mengetahui sedikit tentang android, maka akan dengan mudah menulis topik tersebut.
  2. Buka google search. Ketik “android“. Maka akan muncul di halaman google website-website yang memuat artikel tentang android. Pilih salah satu dengan membaca deskripsi yang menurut anda paling menarik, dan lihat dan kunjungi websitenya.
  3. Baca dengan seksama artikel yang ada pada website tersebut. Jika sudah tertangkap isinya lalu anda buat artikel dengan mengambil intisari dari yang telah anda baca dengan gaya bahasa sendiri yang menarik an unik.
  4. Jangan sekali-kali mengcopy paste artikel punya orang jika Anda ingin memiliki blog yang sehat.  Sebab suatu saat akan terdeteksi oleh pemilik web bahwa anda telah mencuri tulisan orang. Disisi SEO, blog anda tidak akan memiliki ranking di Search engine sebab artikel anda adalah sampah (hasil mencuri/copas).

Itulah caranya jika anda bingung menulis artikel blog. Sebenarnya bisa itu karena biasa/latihan setiap hari. Untuk menulis artikel blog tidak harus seorang sastrawan, sebab bahasa blog adalah bahasa sehari-hari yang tidak ada aturan tang mengikat.

Updated: 28/08/2012 — 10:15 am

4 Comments

  1. Thank You.. nice posting….

  2. Hebat. . . jadi semangat nih ngeblog

  3. keep posting, say no to copas n plagiarisme 😉

  4. artikelnya bagus gan, bikin ane smngat lg ngeblognya 🙂

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme