EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Tips Menulis Artikel untuk Konten Blog atau Website

Ada kalanya ide menulis artikel itu tidak selalu datang dari inspirasi atau imajinasi sendiri. Biasanya ide menulis lebih banyak diinspirasi oleh tulisan orang lain. Hal ini dirasakan ketika kita menemukan suatu permasalahan, kemudian kita mencari solusi dengan browsing di Google. Ketika kita menemukan solusi pemecahan masalah yang kita alamai.. maka ketika itu muncul ide untuk menulis hal yang sama.

Dalam kasus seperti itu, boleh-boleh saja kita menulis hal yang sama, tetapi jangan mengcopas tulisan orang lain. Sebab jika kota mengkopas tulisan orang apalagi tanpa mencantumkan sumbernya, maka kita akan dicap sebagai plagiator dan akan tidak disenangi oleh pemilik artikel yang kita bajak. Itu yang pertama merupakan kesalahan yang akan mengakibatkan kebencian dari sisi pemilik dan perlu dicatat serta jangan melakukan hal tersebut. Sedangkan yang kedua, adalah Anda yang akan merasakan kerugian yang secara pelan-pelan tanpa disadarai Anda sendiri telah merusak website Anda sendiri! Kenapa demikian?

Inilah yang akan menjadi topik pembicaraan, yakni tips menulis Artikel untuk konten blog atau website Anda. Artikel yang Anda posting adalah merupakan konten yang memiliki arti penting dan akan menentukan popularitas situs Anda. Jadi, seharusnya artikel yang Anda tulis merupakan artikel yang original dimata search engine seperti Google, dan merupakan artikel yang berkualitas dimata pengunjung.

Artikel yang dianggap original oleh Google adalah artikel yang belum ada duplikatnya di internet ketika Anda memposting artikel tersebut. Soal sumbernya dari mana Google tidak akan mempermasalahkannya, karena robot tidak tahu dan tidak akan pernah bisa membaca artikel yang baik secara tata bahasa dan tutur kata yang seharusnya, itu semua hanya akan bisa dinilai oleh pengunjung. Semakin lama pengunjung situs berselancar pada situs Anda, maka Google akan memberikan nilai tertentu pada situs Anda. Untuk meyakinkan keaslian artikel Anda sebelum diposting adalah dengan mengecek keaslian artikel dengan menggunakan layanan CopyScape premium (bayar per satu kali cek artikel). Caranya bikin akun di copyscape premium.. dan lakukan deposit, per sekali periksa sekitar Rp.350. Jika artikel anda sudah bersih dan tidak ada duplikat, maka CopyScape akan menampilkan No Result. Selama masih ditemukan ada duplikatnya maka terus perbaiki artikel anda.

Lantas, bagai mana agar artikel yang diambil dari tulisan norang menjadi original dimata Google, dan tidak dikomplain oleh pemilik artikel asli? Jawabannya adalah, Anda harus menulis ulang tulisan orang lain dengan struktur kalimat dan kata-kata versi Anda sendiri. Sebagai contoh: “Si Amir sedang mengerjakan pekerjaan rumah dengan sungguh-sungguh, sebab dia ingin mengejar prestasi”. Anda dapat merubah atau menulis ulang seperti : “Oleh karena Si Amir ingin meningkatkan kualitas hasil belajar di sekolahnya, maka dia selalu mengerjakan pekerjaan rumahnya secara serius”. Coba Anda perhatikan apakah maknanya berubah atau tidak ? Tidak bukan? Dengan cara menulis ulang, maka tulisan Anda menjadi original dimata Google dan tidak dapat dikomplain oleh penulis aslinya, dan akan bersih jika dichek pake CopyScape.

Selanjutnya, apabila anda ingin memposting artikel persis aslinya tetapi bebas copyscape, dianggap original oleh Google, serta tidak dicaci-maki oleh penulis aslinya.. caranya Anda jangan mengambil artikel dari website, tetapi ambil artikel dari media cetak yang diyakini artikel tersebut tidak dipublikasikan di internet. Langkah-langkahnya.. cari artikel di media cetak, lalu tulis ulang (contek), kemudian chek menggunakan copyscape, jika copyscape menampilkan No Result, maka artikel tersebut akan dianggap original oleh Google dan segera Anda posting. Agar tidak dikomplain sebagai plagiator, maka Anda harus mencantumkan simber aslinya. Apabila pada suatu saat anda memeriksa copyscape url blog anda, kemudian ditemukan duplikat.. itu tidak masalah, sepanjang blog Anda yang dicopy oleh orang lain.. bukan Anda yang mengcopy.  Ok! semoga bermanfaat.

Updated: 05/06/2012 — 10:33 am

1 Comment

  1. di koran banyak sekali tulisan dan mungkin bisa jdi sumber referensi untuk di muat ke dalam blog kita nie..

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme