EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Tips Merencanakan Tata Ruang Rumah Minimalis

Tips Merencanakan Tata Ruang Rumah Minimalis – Merencanakan tata ruang yang saya maksudkan dan akan saya bahas dalam artikel ini bukan menata perabot rumah, tapi merencanakan peletakan ruangan-ruangan yang ideal dalam sebuah rumah yang memiliki konsep dasar rumah minimalis. Rumah minimalis adalah yang sering disebut-sebut dan bahkan sudah menjadi desain rumah yang sangat populer pada saat ini. Sebuah rumah dengan konsep minimalis bukan hanya keren dilihat dari luar, juga memiliki karakter-karekter minimalis lainnya pada konsep tata ruang yang merupakan ciri khas dari sebuah konsep dasar rumah minimalis.

tips merencanakan tata ruang rumah minimalis

Konsep dasar rumah minimalis menurut para ahli arsitektur adalah sebuah rumah yang yang dirancang untuk lebih mengutamakan fungsi dan mengesampingkan hal-hal yang kurang berfungsi, seperti dekorasi dan ornamen, seperti pada rumah tradisional adanya bagian-bagian bangunan yang berupa ukuran-ukiran, profil yang memerlukan waktu lama dalam mengerjakannya dan bahan material sehingga menambah biaya.

Dalam hal penataan dan peletakan ruangan dalam sebuah rumah minimalis, juga harus mengacu kepada fungsi ruangan. Dalam hal ruangan-ruangan yang memiliki fungsi untuk aktivitas bersama, sebaiknya antara satu dengan lainnya tidak perlu dibatasi oleh dinding pemisah yang permanen. Ruangan-ruangan yang merupakan tempat melakukan aktivitas bersama (publik) seperti ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan dan dapur. Keempat ruangan tersebut bisa dirancang tanpa dibatasi dinding penyekat, tapi bukan berarti blank menjadi satu ruangan, tapi bisa dibuat ruamgan berbentuk lekukan sehingga posisi ruang makan atau dapur tidak terlihat dari ruang tamu.

Ruang tamu bisa dikatakan ruang bersama, dan juga bisa dikatakan ruangan khusus. Tetapi dalam kenyataannya lebih digunakan sebagai ruang bersama, sebab yang namanya kedatangan tamu tidak setiap hari atau setiap minggu. Maka oleh sebab itu ruang tamu menjadi tidak efektif dalam penggunaan dan pemanfaatannya, oleh sebab itu alangkah baiknynya antara ruang tamu dengan ruang keluarga tidak perlu menggunakan dinding pemisah yang permenen, kalau mau bisa menggunakan skat partisi yang dapat dipindah-pindahkan seperti skat partisi dari bahan rotan.

Selain tata ruang, hal-hal yang berkaitan dengan dengan konsep minimalis adalah tidak perlu ada dekorasi yang berlebihan, seperti ukuran-ukiran dinding, pelapis dinding tembok, list tutup plapond berupa profil atau ukiran yang berlebihan. Kemudian pada bagian luar, dalam konsep rumah minimalis tidak diperlukan dak beton dengan ukuran listplank beton yang berukuran lebar seperti rumah-rumah tempo dulu, cukup dengan topi-topi plat beton yang tipis pada setiap bagian atas jendela yang berfungsi untuk melindungi jendela dari cipratan air hujan.

Itulah tips merencanakan tata ruang rumah minimalis, dengan menerapkan konsep minimalis, maka banyak bagian-bagian bangunan yang dihilangkan sehingga dapat mengurangi biaya membangun.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme