EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Tips Renovasi Rumah KPR Tanah 60 M2

Renovasi Rumah KPR Tanah 60 M2 – Rumah KPR dengan luas 60 M2 merupakan type pemukiman di wilayah perkotaan yang paling banyak dibangun oleh pengembang dan paling laris dan banyak pembelinya. Type rumah dengan luas tanah 60 M dibangun dengan berbagai ukuran rumah mulai dari luas bangunan 21 M2 sampai 45 M2. Type 21/60 adalah rumah dengan luas tanah 60 M2 dan luas bangunan 21 M2. Sejak beberapa tahun terakhir ini untuk rumah type 21/60 sudah tidak dibangun lagi oleh para pengembang, sebab rumah type terkecil pada saat ini yang dibangun oleh pengembang adalah rumah type 27 M2.

desain rumah lahan 60 m2

Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan tips bagaimana cara renovasi atau membangun ulang rumah type 21/60 untuk Anda yang kebetulan memiliki rumah type tersebut agar rumah Anda berubah menjadi sebuah rumah minimalis yang mungil, nyaman untuk dihuni oleh seluruh keluarga Anda.

Untuk merancang sebuah rumah yang nyaman pada tanah 60 M2 di lingkungan perumahan boleh dikatakan gampang-gampang susah, sebab kita harus mempertimbangkan berbagai aspek, terutama bagaimana agar rumah tersebut memiliki standard kesehatan yaitu memiliki ventilasi dan pencahayaan alami yang baik.

Beberapa hal yang paling penting dalam merencanakan desain sebelum melakukan renovasi atau membangun baru rumah di lahan sempit 60 M2, diantaranya:

  1. Merencanakan ventilasi yang cukup, diantaranya membuat lubang-libang ventilasi udara pada setiap ruangan dengan ukuran yang cukup, menyediakan lahan terbuka dengan ukuran minimum 2 x 3 meter di lahan bagian belakang agar setiap ruangan yang menghadap ruang terbuka tersebut bisa dipasang penerangan dan ventilasi yang cukup.
  2. Merencanakan pemasangan jendela pada setiap ruangan dengan ukuran yang cukup besar, misalnya jendela dengan 3 daun.
  3. Rencanakan ketinggian dinding rumah minimum 3,5 meter, agar ruangan kecil terkesan luas..dan yang paling penting agar di dalam rumah menjadi sejuk dengan bertambahnya volume ruangan, sehingga ruangan akan terasa dingin di siang hari.
  4. Hindari untuk membuat dinding pemisah antara ruang tamu dan ruang keluarga, sebab dengan disekat maka ruangan akan tersa pengab dan sempit, kalau mau ada penyekat gunakanlah penyekat portabel seperti yang terbuat dari rotan.
  5. Gunakan tutup atap tidak begitu meyerap panas matahari, misalnya tutup atap dari bahan tanah atau keramik.
  6. Dalam memilih bahan penutup plafond, apabila rumah 1 lantai sebaiknya menggunakan penutup plafond dari bahan yang mengandung semen seperti asbes, atau GRC, tapi apabila rumah 2 lantai.. maka penutup plafond lantai 1 bisa menggunakan bahan gypsum agar interior rumah tempilannya lebih rapi dan begus.

Itulah tips yang harus dipertimbangkan sebelum Anda melakukan renovasi rumah KPR tanah 60 m2 milik anda di lingkungan perumahan type kecil.

Updated: 30/12/2014 — 7:51 am
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme