EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Tokoh Negarawan Seperti Apa Yang Didambakan Masyarakat Indonesia?

Masayakat Indonesia adalah seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Meroke. Apakah keinginan atau dambaan seluruh rakyat Indonesia akan seorang Tokoh Negarawan untuk memimipin negeri ini sama atau berbeda? Jawabannya adalah gampang-gampang susah!

Kalau melihat struktur masyarakat Indonesia yang adat istiadatnya berbeda, suku bangsa yang sangat beragam, kebudayaan serta agama yang beragam, kepentingannya juga berbeda., saya yakin pasti akan ada perbedaan persepsi dalam memilih dan mendambakan seorang figur tokoh negarawan untuk memimpin negara ini.

Kalau saja kita bagi ke dalam 2 golongan saja, yaitu masyarakat kecil (rakyat jelata) dan satu golongan lagi masyarakat elit (rakyat golongan elit, kaya, pengusaha kelas besar), maka dari kedua golongan ini pun akan berbeda padangan dalam memilih figur tokoh pemimpin bangsa ini. Tapi keduanya pasti menginginkan hal yang sama, yaitu berkaitan dengan kepentingan kedua golongan tersebut.

Golongan rakyat jelata yang jumlahnya pasti akan jauh lebih besar dari masyarakat golongan elit, mereka pasti menginginkan seorang figur pemimpin bangsa yang peduli dan sayang terhadap mereka, kedekatan dengan rakyat kecil dan kesederhanaan yang dimiliki seorang pemimpin bangsa akan lebih didambakan. Untuk golongan masyarakat elit sepertinya kurang menyukai sifat kedekatan dan kesederhanaan, mereka pasti menginginkan figur yang berkarakter elit, modern dan berwawasan luas, pandai dan cerdik.

Figur calon seorang pepimpin bangsa yang didambakan oleh kedua golongan masyarakat dan sekaligus dapat memenuhi kedua kepentingan yang berbeda, saya yakin banyak di negeri ini, namun tidaklah mudah untuk dapat muncul ke permukaan sehingga namanya menjadi populer. Popularitas yang murni.. bukan rekayasa perlu dirintis melalui proses yang panjang, melalui pengalaman politik dan kepemimpinan disetiap level perintahan, pengabdian yang tulus tanpa noda, serta bukti nyata yang dapat dilihat oleh seluruh rakyat Indonesia.

Updated: 17/04/2014 — 9:58 am

4 Comments

  1. Wah, susah juga ya… Sekarang figur yang memenuhi kedua golongan tersebut belum muncul. Semoga suatu saat nanti muncul dan saat memimpin bisa memajukan Indonesia.

  2. sepertinya sulit mencari figur seperti itu sekarang

  3. yang jelas figur yang di inginkan adalah yang bisa menjaga kesejahteraan rkyaty….

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme