EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Traffik

Ada 3 Jenis Traffik atau Pengunjung ke Website -Blog Anda

Pengunjung blog atau website secara umum dapat digolongkan ke dalam 3 kelompok berdasarkan dari mana pegunjung tersebut berasal. Ke tiga golongan pengunjung tersebut adalah sebagai berikut :

  • Direct traffik
  • Reference traffik
  • Search Engine Traffik

 

search-engine-traffikDirect traffik, adalah pengunjung yang datang dengan cara mengetikan langsung URL di browser, atau memanggil langsung dari daftar link yang mereka simpan di bookmark browser. Biasanya traffik semacam ini sudah sangat mengenal atau sudah menjadi situs favorit mereka. Misalnya mereka menyimpan link situs-situs seperti : Google, Yahoo, Facebook, WordPress dll.  Untuk sebuah blog atau website biasa rasanya sangat sulit untuk mendapatkan traffik seperti ini.
Reference traffik,  adalah pengunjung yang datang melalui link yang terpasang pada website lain.  Misanya backlink, link yang tersimpan ketika blogger berkomentar pada blog lain, link dari pasang iklan pada situs iklan, link dari forum, submit artikel dan lain-lain.
Search engine traffik, adalah pengunjung yang datangnya dari search engine. Pengunjung seperti ini datang mengunjungi suatu blog atau website dengan cara mengetik kata kunci tertentu (keyword) pada search engine seperti Google, Yahoo, MSN, dan lain-lain.
Kalau anda bertanya golongan traffik yang mana yang paling baik dan diinginkan seorang pemilik situs ?. Jawabannya, tergantung dari kepentingan masing-masing.
Jika anda punya sebuah situs bisnis, tentu anda menginginkan traffik tertarget, artinya mengharapkan pengunjung yang betul-betul mencari informasi yang sesuai dengan target keyword yang anda bidik. Untuk kasus seperti ini, maka traffik dari search engine yang lebih tepat.
Jika anda seorang blogger dan mengunjungi blog punya blogger lainnya dengan tujuan untuk membaca sebuah postingan baru. Dalam kasus ini maka anda sudah jelas tidak akan mengklik link affiliate yang ada pada blog yang anda kunjungi.
Sebaliknya ketika anda mengetik kata kunci tertentu di Google, misalkan anda sedang mencari sebuah judul buku dengan mengetik judul buku tersebut, kemudian anda dibawa ke sebuah situs yang memberikan informasi yang sedang anda cari.  Dalam kasus ini Anda pasti akan mengklik link affiliate yang mengarahkan anda ke sebuah toko buku online.
Sebuah situs yang biasa dibanjiri dengan traffik reference biasanya sebuah blogger yang rajin blogwalking. Sedangkan situs yang banyak pengunjungnya dari direct traffik adalah situs yang sudah populer dan dikenal. Terakhir situs yang banyak dikinjungi search engine traffik adalah situs atau website yangsetiap halamannya telah dianggap optimal oleh serch engine (SEO).
Sedangkan situs yang sudah terkenal akan menguasai ketiga jenis traffik tersebut.
Posting Sebelumnya :

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme