EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Tukar Link – Cara Mudah Membangun Backlink

Cara Membangun Backlink dg Tukar Link

Walaupun semua artikel posting blog sudah diindex  Google, tapi belum tentu dapat mendatangkan traffik dari Google atau search engine lainya, apabila halaman kita belum bisa bertengger di halaman 1 Google, atau belum dianggap optimal (SEO), atau bahasa sederhananya belum dapat bersaing dengan blog lain.

Agar blog kita dapat bertengger di halaman 1 Google banyak persyaratannya, diantaranya harus memiliki dukungan kuat dari blog/web lain. Dukungan dari blog/situs orang lain tersebut disebut backlink.

Backlink merupakan salah satu trik atau car optimasi SEO dengan cara memperoleh dukungan dari website atau blog orang lain. Ada tiga cara membangun backlink. Pertama, one way backlink atau backlink satu arah yaitu link anda terpasang pada website/blog orang tanpa minta imbalan tukar link.. ini sangat disukai Google karena dianggapnya blog/website tersebut sudah populer. Yang kedua two way backlink, adalah backlink dua arah kedua blog/ website sama-sama memasang backlink , atau tukar link. Yang ketiga adalah there way backlink, ini yang dikenal dengan submit link yang dilakukan oleh situs jasa backlink baik yang berbayar maupun yang free.

Nah, kita sebagai sesama blogger bisa melakukan tukar link (two way backlink), adalah salah satu cara yang mudah membangun backlink. Dengan tukar link antar blogger, link blog nempel pada masing-masing blog. Banyak cara untuk membangun backlink, dengan cara bookmarking, melalui social media, melalui submit artikel dll. Dengan cara tukar link, backlink yang dibangun atas dasar suka-sama suka. Tapi kalau dengan cara bookmarking, itu sama dengan cara paksa, dan kadang-kadang jarang berhasil.

Backlink yang paling baik dan alami adalah dari kekuatan artikel yang kita tulis. Jika artikel yang kita buat merupakan artikel yang luar biasa dan sangat disukai banyak orang, baik umum maupun para blogger, maka tidak mustahil para blogger lain akan melakukan trackback (link sepihak) ke halaman posting kita yang disukai mereka. Itulah yang disebut backlink alami atau natural. Mungkin agak sulit untuk membangun backlink seperti ini, cari yang gampang aja dulu dengan cara tukar link.

Tapi ada sebagian ahli SEO yang mengatakan bahwa backlink yang baik dan berkualitas adalah backlink dari situs situs yang berkualitas, artinya situs sudah ngetop. Memang pernyataan itu masuk akal dan tidak salah, tapi pasalnya mana munkin blog baru seperti blog saya ini mendapat backlink dari situs besar, sebab orang juga mikir-mikir dulu.

Jadi, kita harus ambil yang rill aja dulu, yang memungkinkan dan masuk akal. Jika pada saat ini blog kita PR 1 pun belum, kemudian saling tukar link dengan PR yang sama kan adil. Tapi ingat, dalam jangka beberapa bulan kedepan siapa tahu diantara sahabat link blognya melejit, maka tentu saja akan sangat berpengaruh kepada blog-blog yang dibacklink dari blog yang melejit tadi.

Yang lebih penting dari tukar link saya kira jangan hanya mikirin backlinknya, tetapi kita harus lebih memikirkan menambah tali silaturahmi, sebab dengan banyak bersilaturahmi maka akan banyak rejeki.

Ok! yu kita tukeran link, agar blog-blog kita cepat diberi ranking oleh Oom Google. Syukur, jika ada blogger yang PRnya sudah ok mau berbelas kasihan pada blog kita-kita yang PR-nya masih nol, dan masih sangat sepi pengunjung. Jangan heran kalo blog yang baru muncul, apalagi baru satu atau dua artikel jangan begitu mengharap pengunjung gratis dari Google, cari dulu aja pengunjung melalui blogwalking, dengan cara meninggalkan komentar pada blog orang lain, biasanya kita akan datang kunjungan balasan. Jadi kalo kita tidak komentar di blog orang mana mungkin ada orang yang ngunjungi blog kita.

Proses tersebut bisa berjalan beberapa bulan. Nah, ketika posting blog kita menginjak angka 300 artikel, baru mulai pengunjung berdatangan lewat oom Google atau seach engine lainnya.

Cara tukar link di blog endangkusman.blogspot.com.. seperti biasa saja, silahkan nulis apa aja di kotak komentar yang melaporkan bahwa link blog ini dengan anchor teks Endang Kusman telah di add di blog anda. Selamat bertukar link !

Link Blog Anda akan Terpajang Langsung Di Halaman Ini, yang akan diawali dengan  beberapa blog saya yang lain :

Updated: 05/07/2012 — 5:38 pm

3 Comments

  1. makasih gan atas info nya,ane juga barusan mau blajar nih tentang ngeblog yang benar dan di sukai,terutama dari inpirasi saya ni alamat blog ane gan, mampir bentar ya,

  2. terimakasih informasinya yang sangat bermanfaat.

Comments are closed.

EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme