EndangKusman.Com

Blogging, Belajar Nge-Blog & Berbagi Info

Untuk Menjalankan Bisnis Online Perlu Punya Blog?

By Endang Kusman

Blog Blooger-Blogspot

Apakah untuk menjalankan bisnis online tertentu kita perlu memiliki blog atau web?  Sebelum saya jawab pertanyaan tersebut.. saya akan berikan gambaran bahwa sekecil apapun bisnis yang kita lakukan memerlukan tempat untuk meletakan dagangan atau produk yang akan kita jual. Misalkan kita akan bejualan rokok.. tentu kita harus punya lang untuk menyimpan rokok, atau kita akan menjual mie ayam dengan cara mangkal di suatu tempat, maka kita harus punya tempat untuk berjualan, dst.

Nah, begitu juga dengan bisnis online. Blog bisa kita sebut sebagai tempat berjualan, atau toko, atau kios.. atau apapun namanya. Jadi, kalau kita akan menjalankan bisnis online dengan baik dan benar maka sebaiknya kita punya blog atau website tempat kita menjajakan barang dagangan kita.

Dengan memiliki sebuah blog atau website tempat kita menjual produk-produk yang akan kita jual secara online, maka ibaratnya kita sudah memiliki toko online, dimana para calon pengunjung akan mengetahui keberadaan toko online kita. Agar toko kita dapat dikenali oleh calon pengungjung, maka kita harus melakukan promosi dengan cara-cara tertentu pula.. sehingga pada suatu saat mereka dapat mengunjungi toko kita.

Bagaimana cara membuat blog untuk tempat jualan? Apakah sama dengan blog-blog pada umumnya? Pada prinsip pembuatannya sama saja.. yang harus dibedakan adalah tema dan tujuannya. Misal Anda akan memasarkan produk-produk busana muslim.. maka sebaiknya Anda harus membuat sebuah blog atau website yang bertema “busana muslim” dimana konten-konten blog jangan keluar dari tema produk tersebut. Anda bisa melihat contoh blog orang lain dengan cara mengetik “busana muslim” di Google. Kemudian buka satu persatu blog yang bertema tersebut.. maka Anda akan mengetahui apa yang harus Anda lakukan untuk mengisi konten-konten blog “busana muslim”.

Jadi setiap akan membuat blog atau web untuk kepentingan bisinis online harus sesuai dengan produk yang akan kita jual.

Updated: 12/04/2014 — 12:33 pm
EndangKusman.Com © 2015 - Contact - Privacy - Disclaimer - Sitemap Frontier Theme